oleh

Bupati Rohil Tepati Janji Politik, Siapkan 58 Milyar BLT Kepada 28 Ribu Masyarakat

BAGANSIAPIAPI (DUMAIPOSNEWS.COM) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, menganggarkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) program Pemerintah Daerah (Pemda) sebesar Rp.58 Milyar di tahun anggaran 2022 ini.

Dana tersebut di peruntukan bagi 28 ribu Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil,sebagai BLT program Pemda Rohil kepada masyarakat miskin yang juga merupakan wujud dari janji politik saat kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rohil 2020 lalu.

Demikian di sampaikan langsung oleh bupati, Afrizal Sintong SIP kepada awak media di Mess Pemda Rohil,akhir pekan lalu di Bagansiapiapi.“Untuk bantuan bagi masyarakat kurang mampu sudah kita anggarkan tahun ini, jumlahnya cukup besar yakni Rp58 Milyar,”Ucap Bupati.

Dikatakannya lagi,BLT bagi masyarakat kurang mampu tersebut memang belum di salurkan sampai dengan saat ini. Adapun alasan bantuan itu belum tersalurkan dikarenakan masih dalam tahap proses pendataan yang dilakukan oleh para Penghulu dan Lurah.

“Baru sebagian Penghulu dan Lurang yang menyerahkan nama-nama penerima bantuan ke Dinas Sosial sementara sisanya masih melakukan pendataan, namun sudah kita intruksikan secepatnya dan menyerahkan data penerima bantuan ke dinas terkait,”Jelasnya.

Bupati Afrizal juga memaparkan,yang namanya bantuan tunai tentu ada mekanisme dan tahapan yang harus dilalui. Seperti penerima tentu saja harus benar-benar diangap layak sesuai dengan kondisi kehidupanya.

Selain itu, BLT program Pemda yang sudah di tetapkan Rp250 tiap bulanya per KK sesuai janji politik ini tidak serta merta di salurkan begitu saja, karna ada persyaratan dan aturan yang harus dipatuhi.

Adapun untuk dana bantuan Rp250 ribu perbulan itu persyaratannya adalah penerima belum pernah menerima bantuan yang sama seperti BLT dan PKH.

Hal ini menyimpulkan bahwa bagi masyarakat yang sudah pernah menerima bantuan BLT dan PKH sebelumnya maka namanya tidak akan masuk dalam daftar penerima bantuan yang dananya bersumber dari APBD Rohil tersebut.”Paparnya.

Di tambahkan bupati lagi, setelah nama-nama penerima bantuan selesai di data oleh masing-masing Penghulu dan Lurah dan di serahkan ke Dinas Sosial, masih ada satu tahapan yang harus di laluisebelum dana itu nantinya sampai ke tangan masyarakat selaku penerima.

“Untuk proses penyaluran dana bantuan ini kita melakukan kerjasama dengan pihak Bank Rohil,”Paparnya lagi.

Setelah pendataan selesai,pihak bank melalui petugas akan mendatangi seluruh Kepenghuluan dan Kelurahan untuk membuatkan buku tabungan masing-masing penerima.

“Jadi petugas bank Rohil nanti akan datang ke tiap Kepenghuluan dan Kelurahan dan akan membuatkan buku tabungan sesuai nama pada data yang telah di ajukan,buku tabungan yang akan di terbitkan itu juga harus sesuai dengan KTP penerima,”Tambahnya lagi.

Saat di singung kapan pastinya BLT ini dapat di nikmati oleh masyarakat, Bupati mengaku belum bisa memastikan dan akan di upayakan secepat mungkin.

“Harapan saya proses bisa cepat paling tidak sekitar bulan enam sudah bisa di cairkan,akan tetapi mengingat berkaitan dengan administrasi bisa jadi sedikit agak lama namun yang pasti tetap akan di cairkan setelah semua administrasinya selesai, dan saya berharap sembari menghimbau kepada masyarakat bisa lebih bersabar,”Pungkasnya.(Eka).

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru