Pol Espargaro Tercepat di MotoGP Mandalika, Penantang Terhebat Marc Marquez dan Fabio Quartararo

LOMBOK TENGAH ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Pembalap Repsol Honda Pol Espargaro mencatatkan waktu tercepat di hari terakhir tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, Minggu kemarin (13/2).
Pembalap MotoGP asal Spanyol itu mencatatkan waktu 1 menit 31,060 detik pada putaran ke-10 dari 25 putaran di Sirkuit Mandalika. Secara keseluruhan, Pol Espargaro dua kali mencatatkan waktu terbaik selama sesi latihan di Sirkuit Mandalika.

Hari pertama balapan Jumat (11/2) lalu, Pol Espargaro yang mengendarai motor Honda RC213V, mampu mencatatkan penampilan terbaiknya dengan waktu 1 menit 32,466 detik. Saat itu, Pol Espargaro unggul hampir setengah detik lebih cepat dari saingan terdekatnya, Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang menempati posisi kedua dengan waktu 1 menit 32.937 detik.

Kongkowkuy

Pada sesi latihan Minggu kemarin, jagoan Repsol Honda ini lebih baik dari juara dunia MotoGP 2021, Fabio Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha dengan 1 menit 31,275 detik.

Dengan capaian ini, Pol Espargaro jadi kompetitor juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo, dan juara dunia 6 kali Marc Marquez. Kunci pemilik tinggi 171 cm menjadi yang tercepat di Sirkuit Mandalika ternyata ada pada motornya, Honda RC213V.

“Saya merasa sangat nyaman setiap kali saya mengendarai motor ini.

Saya bisa menggunakan rem belakang lebih sering yang sangat membantu saya, dan ini sesuatu yang mustahil dilakukan tahun lalu. Mustahil menggunakan teknik ini dengan motor Honda yang lama. Motor Honda yang baru ini membantu saya melakukan itu dan ini bagi saya sangat melegakan,” kata Pol Espargaro saat balapan Jumat lalu.

Berikut profil Pol Espargaro dilansir dari NTB.Genpi.co: Pol Espargaro melakukan debutnya dalam kejuaraan dunia 125cc pada tahun 2006, mengikuti tujuh balapan, race pertama di Catalunya berada di posisi 13. Pada tahun yang sama, Pol dinobatkan sebagai juara 125 nasional Spanyol.

Musim penuh pertamanya pada tahun 2007, Pol Espargaro berhasil meraih satu podium dan menobatkannya sebagai Rookie of the Year 125 cc. Musim 2008 Pol Espargaro tampil lebih mengesankan.

Namun, pada musim itu juga ditandai dengan cedera tulang selangka. Pol Espargaro memperoleh kemenangan pertama pada tahun 2009 di Indianapolis dan berada di posisi keempat klasemen akhir. Pada tahun 2010, Pol Espargaro terlibat dalam pertempuran sepanjang musim yang akhirnya dimenangi Marc Marquez dan Nico Terol sebagai runner up. Pada tahun 2011, Pol Espargaro melangkah ke Moto2.

Dua kali naik podium dan posisi 13 di klasemen akhir, pada tahun 2012 Espargaro bergabung dengan tim Pons Racing. Pertempuran yang sulit, empat kali menang, delapan kali meraih pole dan beberapa kontroversi menyebabkan dia harus puas meraih runner up. (lia/jpnn)