oleh

Batalkan Haji, Ribuan Orang Jemaah di Surabaya Tarik Dana Setoran Awal

SURABAYA ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Sebanyak 1.026 calon jemaah haji (CJH) membatalkan niat mereka berangkat ke Tanah Suci. Mereka pun menarik dana setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), Ribuan orang yang melakukan pembatalan haji itu meliputi 932 CJH selama 2021 dan 94 sisanya pada Januari lalu. Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Kota Surabaya, Gartaman menuturkan pandemi Covid-19 menjadi penyebab utama penarikan dana haji.

“Faktor ekonomi juga turut mempengaruhi kondisi tersebut, bisa karena di-PHK,” ujarnya, Rabu (2/2). Gartaman menjelaskan penarikan dana setoran awal haji itu adalah hak setiap CJH. Nominal yang bisa ditarik sekitar Rp 25 juta.

“Untuk kembali mendaftar, lama antriannya mencapai sekitar 33 tahun,” katanya.

Maka dari itu, Gartaman menyarankan apabila ingin melakukan pembatalan haji sebaiknya satu orang saja.

“Jadi, semisal, ada pasutri ingin menarik dana haji. Nah, disarankan hanya satu orang saja, sedangkan yang satunya tetap lanjut,” katanya.

Nantinya, kata Gartaman, ketika punya rezeki lagi, bisa ikut program penggabungan sehingga tidak harus menunggu lebih lama.

“Daftar lagi selama lima tahun bisa penggabungan porsi sehingga tidak batal keduanya,” ucapnya.

Gartaman berharap bagi mereka yang tetap melanjutkan setoran dana haji agar selalu mengikuti berita dari KBIH.

“Kasi PHU Dirjen Haji yang selalu memberikan berita update serta selalu mengikuti arahan dari pemerintah dan manasik haji,” ucap Gartaman. (mcr23/jpnn)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru