oleh

‎Pengurusan Paspor di Dumai Meningkat, Kebanyakan  untuk Jamaah Umroh

‎Kepala Imigrasi Dumai Rejeki Putra Ginting saat melihat proses permohonan pembuatan paspor.(f bambang/dumaiposnews.com)

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)- Dibukanya pintu untuk jamaah umroh Indonesia melaksanakan ibadah ke tanah suci oleh pemerintah Arab Saudi berdampak pada meningkatnya pengurusan  paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Dumai.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Dumai, ReJeki Putra Ginting‎ mengungkapkan, bahwa untuk perjalanan ibadah umroh telah di buka bagi Indonesia, dan ternyata ada peningkatan pengurusan  paspor di kantor Imigrasi Kelas II Dumai.

Ia menambahkan, selama Januari 2022 ada 217 paspor yang pihaknya terbitkan, 90 paspor baru, sisanya penggantian paspor karena habis ‎masa berlaku, halaman penuh, hilang dan rusak.

“Memang sejak diperbolehkanya Umroh ada peningkatan pembuatan paspor, dan kebanyakan memang tujuanya untuk Umroh,” katanya, Jumat (18/2/2022).

Selain untuk umroh, tambahnya, ada juga tujuanya untuk persiapan berobat keluar negeri, wisata, dan persiapan lain lainnya.

“Walapun pintu masuk negara tetangga seperti Malaysia  masih menutup akses masuk kenegaranya, namun di beberap negara sudah membuaka seperti Singapura dan lainnya,” sebutnya.

Rejeki Putra ginting mengaku, rata rata setiap harinya ada sekitar 15 sampai 20 pemohon paspor, hal ini sudah jauh meningkat dibanding bulan bulan sebelumnya.

Diterangkanya, ‎untuk pembuatan paspor ditengah pandemi covid-19, pemohon bisa datang langsung kekantor imigrasi, atau melalui aplikasi Pasporku yang sudah pihaknya ciptakan .

Ginting mengimbau bagi pemohon yang ingin melakukan pengurusan paspor dipersilakan mengurus sendiri karena pembuatan paspor mudah dan cepat.

“Kita terus melakukan inovasi demi kemuduhan masyarakat yang meminta layanan di Imigrasi Kelas II B Dumai,” pungkasnya

Sebelumnya, ‎berdasarkan, data tahun 2021 mulai dari Januari 2021hingga Oktober 2021 sudah ada sekitar 1366 orang yang melakukan pengurusan paspor di kantor Imigrasi Kelas II Dumai,  dan ada juga yang menggunakan jasa Eazy passport atau layanan urus paspor secara kolektif.

pada Januari tercatat ada  218 paspor, Februari 138, Maret 238, dan di April mengalami penurunan 93, kemudian Mei 85, Juni kembali meningkat ‎135.

Juli kembali menurun menjadi 92 paspor, Agustus 88 Paspor, sedangkan di September kembali ada peningkatan sebanyak 115 paspor dan di Oktober ada 164 paspor.(rio)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru