Kerap Makan Korban, Warga Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

BAGANBATU (DUMAIPOSNEWS) – Warga masyarakat yang tinggal disekitaran jalan Baru (Ring Road) kepenghuluan Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah melayangkan protes keras dengan menanam pohon tepat di tengah jalan rusak.

Berdasarkan pantauan dilapangan, Selasa (11/1/2022) menyebutkan, bahwa banyak ditemukan titik-titik jalan yang berlubang dan parah sehingga kerap menyebabkan banyak pengendara sepeda motor terjatuh.

Kongkowkuy

Lubis, salah seorang warga jalan Baru mengatakan, bahwa pohon pisang itu sebagai bentuk protes bagi pemerintah. Selain itu, keberadaan pohon pisang itu juga sebagai tanda dan peringatan bagi pengendara supaya berhati-hati supaya tidak memicu kecelakaan.

” Kerusakan jalan tersebut cukup parah, hampir semua ruas jalan berlubang dengan kedalaman dari 30 sentimeter, ” katanya.

Lubis juga mengatakan, bahwa jalan tersebut sudah lama rusak dan tidak kunjung diperbaiki. Hal itulah yang mendorong warga untuk menanam pohon pisang.

“Sering terjadi kecelakaan, yang sering pengendara wanita. Terperosok ke jalan rusak lalu terjatuh. Sehingga warga menanam pohon pisang, setengah peringatan kepada pengendara lain agar berhati-hati,” kata Lubis kepada awak media.

Bahkan, lanjutnya lagi akibat kerusakan jalan itu berdampak pada pendapatan. Pasalnya, masyarakat enggan mengunjungi warung kedai usaha miliknya karena harus melewati jalan rusak tersebut.

” Jelas berdampak bagi kami. Karena kalau jalan bagus kita bisa menjual minyak minimal 2 jirigen. Tapi sejak rusak parah, untuk menghabiskan satu jirigen saja butuh waktu 2-3 hari, ” ungkapnya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya, Netty Siahaan. Menurutnya, ditanamnya pohon pisang di jalan rusak itu adalah sebagai protes karena tidak ada perbaikan.

” Kami sudah berulang kali menimbun lubang dijalan itu, tapi itu tidak bertahan lama. Karena saat jalannya bagus mobil-mobil besar dengan enaknya lewat sampai akhirnya rusak lagi, ” katanya.

Oleh karena itu dirinya meminta perhatian dari pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut.

” Harapannya pemerintah segera memperbaiki jalan ini.  Apalagi jalan ini dulu katanya menjadi jalan lingkar yang akan dilewati bus dan kendaraan besar karena tidak boleh masuk kota, ” harapnya. (min)