oleh

Bupati Kepulauan Meranti H Adil Jawab Aksi Demo Dengan Kinerja

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Saat aksi massa berlangsung Bupati H Muhammad Adil sedang melakukan serangkaian kegiatan diluar kota, untuk kesejahteraan masyarakatnya. Orang nomor satu di Kepulauan Meranti tersebut melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pekanbaru lalu di lanjutkan Kota Dumai.

Adapun tujuan H M Adil ke Pekanbaru yaitu mewujudkan program pinjaman tanpa bunga bekerjasama dengan Bank Riau Kepri. Ia mengatakan ini merupakan terobosan pertama di Provinsi Riau yang memberikan subsidi pinjaman kepada pelaku UMKM di kabupatennya.

Dalam pertemuan itu, bupati memaparkan 7 program strategis yang diantaranya menciptakan 9.500 UMKM guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti. Mulai dari pengembangan usaha kopi, sapi, ayam petelor, perikanan dan lain sebagainya.

Lebih jauh dia menjelaskan, ada beberapa skema pembiayaan yang disiapkan. Yakni melalui penganggaran lewat APBD atau dipotong langsung dari deviden saham Pemkab Meranti di bank daerah tersebut.

Ada beberapa skema pembiayaan yang disiapkan, yaitu melalui penganggaran lewat APBD atau dipotong langsung dari deviden saham Pemkab Meranti di bank daerah tersebut.

Jamin Kesehatan Warganya

Usai menghadiri kegiatan bersama Bank Riau Kepri di Pekanbaru, Bupati H M Adil langsung bertolak ke Dumai untuk melanjutkan 7 programnya yaitu mempermudah masyarakat Kepulauan Meranti yang berada di Kota Dumai.

Masyarakat Kepulauan Meranti sudah bisa memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Hal itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkab Kepulauan Meranti dan Pemko Dumai yang baru saja ditandatangani di kediaman Walikota Dumai, Rabu (12/1/22).

Kepada Walikota Dumai, ia menerangkan bahwa penandatanganan MoU tersebut merupakan salah satu dari program strategisnya menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermatabat.

Program jaminan kesehatan untuk warga Meranti ini berlaku untuk rumah sakit yang berada di seluruh kabupaten dan kota di Riau bahkan di luar provinsi Riau.

Adil menambahkan jika di Dumai ini banyak warga Meranti, terutama yang bekerja di bidang pelayaran. Makanya ia terus menggesa MoU ini.

Walikota Dumai, H Paisal, menyambut baik dan mendukung penuh program strategis Pemkab Kepulauan Meranti dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya yang berada di Kota Dumai dan sekitarnya.

Dengan penandatanganan MoU ini menjadi garansi bagi warga Kabupaten Kepulauan Meranti yang ingin berobat atau ada masalah kesehatan, wajib dilayani di RSUD Dumai hanya dengan menggunakan KTP Meranti.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, drg Ridhonaldi dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri.

 

Pertemuan Dengan PT PLN Dumai

Dihari yang sama, H M Adil kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke PT PLN (Persero) UP 3 Dumai, adapun tujuan H M Adil yakni meminta layanan sambungan listrik gratis bagi pelaku usaha kecil di wilayahnya.

Hal itu diharapkan mampu memperkuat para pelaku usaha dalam melahirkan bisnis baru ataupun menumbuh-kembangkan dunia usaha di Meranti.

Ia mengatakan kalau terlalu banyak persyaratan dan biaya mahal, sehingga pelaku usaha jadi malas membuka usaha. Ini bisa mengganggu program ekonomi nasional yang dicanangkan Presiden maupun pemerintah daerah.

Adil turut menjelaskan program strategis pemerintah kabupaten yang dinakhodainya untuk melahirkan 9.500 UMKM di Kepulauan Meranti. Untuk itu dia butuh dukungan dari PT. PLN untuk mendukung programnya tersebut.

Ia berharap berharap kiranya para pelaku UMKM ini difasilitasi dengan gratis biaya masuk listrik, agar tidak memberatkan mereka yang baru mau memulai usaha.

Ia juga menyampaikan beberapa desa di wilayahnya yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN, dia berharap bisa ditindaklanjuti. Sehingga program Indonesia terang benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk warga desa di Kepulauan Meranti.

Penandatanagan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Pemkab Meranti dengan PT PLN (Persero) UP 3 Dumai.(f: istimewa)

Silatulrahmi ke Dumai Pos

Disela-sela kesibukannya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dumai dalam rangka penandatanganan MoU bersama Pemko Dumai dibidang kesehatan dan PT PLN, Bupati Kepulauan Meranti H M Adil menyempatkan untuk berkunjung ke Kantor Dumai Pos, Jalan MH Thamrin, Rabu (12/1/22).

Kedatangan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu ke kantor Dumai Pos disambut oleh General Manager Dumai Pos Kambali, Pemimpin Redaksi Bambang Hendriyanto, Manager Pemasaran Miswanto.

Dia berharap semoga kunjungan ini bisa membuat antara Pemkab Kepulauan Meranti dengan Dumai Pos bisa menjalin kerjasama yang baik, terutama dalam rangka mempublikasikan hasil kinerja program-program Bupati Kepulauan Meranti melalui media Dumai Pos dan dumaiposnews.com.

Selain itu, H M Adil mengatakan, kedatangannya ke Kantor Dumai tidak lain adalah untuk menjalin silaturahmi yang lebih baik kepada rekan-rekan yang ada di Dumai Pos. Baginya, Dumai Pos bukanlah sesuatu yang baru karena sudah sangat mengenal dari dulu bahkan sebelum menjadi Bupati Kepulauan Meranti.(ian)

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru