oleh

Zukri Minta Manggis Asal Pelalawan Dipasarkan Sampai Ke Luar Negeri

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan  berencana kedepan untuk kembangkan buah manggis menjadi komoditi unggulan di daerah yang bermotto Tuah Negeri Seiya Sekata. Pasalnya, buah manggis bisa dikembangkan di Pelalawan serta memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

” Ya, saat ini kita lagi mengembangkan komodoti buah manggis. Untuk lahan yang sudah siapkan sekitar 90 hektare dan tapi yang baru bisa digarap sekitar 60 hektare. Buah manggis ketika dilihat secara kasat mata bisa dikembangkan di Pelalawan,” terang Bupati Pelalawan Zukri Misran didampingi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan Tengku Nahar, Rabu (24/11) kemarin.

Zukri juga mengatakan, bahwa pihaknya akan terus kembangkan usaha manggis. Kalau untuk mewujudkan buah manggis menjadi sebagai komodoti unggulan seperti beras. Dimana pihaknya akan memberikan support dengan memberikan pupuk gratis buat para petani. Buah manggis ini sudah lama dikembangkan, saat ini pasaran penjualan masih wilayah Pulau Sumatra, salah satunya di Sumatera Barat.

” Saya minta kepada dinas terkait dan para petani untuk serius mengembangkan buah manggis tersebut, supaya target yang diinginkan pasaran buah tersebut bisa terwujud sampai Pulau Jawa dan target tertinggi nya sampai tingkat Internasional (luar negeri, red). Kita akan terus kembangkan budidaya buah manggis dan kita akan terus memberikan bantuan kepada kelompok tani tersebut,”ujarnya.

Zukri menambahkan, bahwa petani panen buah manggisnya setiap tahunnya sebanyak dua kali. Kita berpesan kepada para petani untuk terus giatkan pengembangan budidaya komoditi buah manggis, agar target pasaran internasional tercapai. Dan  buah manggis menjadi agrowisata daerah nantinya. (naz)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru