Wako Dumai Serahkan Bantuan Pembangunan Rumah Layak Huni

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Walikota Dumai H. Paisal menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada keluarga korban kebakaran di RT 003 Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (20/11) pagi. Bantuan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perumahan Swadaya, Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Dumai dan Bank Riau Kepri.

“Bapak ibu yang tertimpa musibah, kita ambil hikmah dari apa yang terjadi. Berkeluh kesah tak akan menyelesaikan masalah. Namun Pemko Dumai berusaha semaksimal mungkin membantu dengan anggaran yang ada,” kata Walikota Dumai, H Paisal saat menyerahkan bantuan.

Kongkowkuy

Saat menyerahkan bantuan, Walikota didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Fauzi Erizal, Camat Dumai Kota, Indra Safawi dan Lurah Laksamana, Sutino.

Selain bantuan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemko Dumai juga menginisiasi dengan mengajak berbagai pihak agar pembangunan rumah layak huni bagi korban kebakaran bisa segera diwujudkan.

Bantuan yang diserahkan sebesar Rp. 20 Juta dari DAK, bantuan dari BAZ Dumai sebesar Rp. 5 Juta dan dari Bank Riau Kepri yang nilainya belum diketahui.

“Kami juga menggandeng BAZNAS dan alhamdulillah ini memang rejekinya Kelurahan Laksamana. Memang dananya terbatas. Bisa dibantu 5 juta. Dan insya Allah bantuan ini tepat sasaran,” kata Paisal.

Walikota berharap pembangunan rumah layak huni bagi korban kebakaran di kelurahan Laksamana itu bisa selesai sebelum akhir Desember. Selain bisa segera ditempati, juga sesuai masa penggunaan anggaran tahun 2021.

“Kepada Kadis Perkim, Camat dan Lurah saya minta agar pembangunan rumah layak huni ini benar-benar di kontrol. Bagaimanapun juga ini bersumber dari APBD dan merupakan uang rakyat. Kualitas bangunannya juga harus dijaga,” pungkas Paisal.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Fauzi Efrizal mengatakan pihaknya langsung berinisiasi kepada dinas-dinas terkait untuk membantu 10 unit rumah layak huni yang terdampak bencana kemarin.

“Untuk alokasi perumahan ini ada sekitar 45 unit di Kota Dumai, untuk Kelurahan Laksamana ini ada 10 unit, insyallah rumah layak huni di tahun-tahun berikutnya dapat kami berikan juga sehingga masyarakat kurang mampu dapat terbantu”, ucapnya. (amb)