oleh

DPC Iwapi dan BPC AKU Gelar Pelatihan Membatik dan Menyulam

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Dumai dan Perkumpulan BPC Andalan Kelompok UPPKA (AKU) Dumai melaksanakan kegiatan ‘Pelatihan Membatik dan Menyulam Kelompok UKM dan Kelompok UPPKA Dumai’ pada Rabu (24/11) di Aula Kampus STT Dumai.

Acara yang disponsori oleh Pembina BPC AKU Dumai yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau, dr H Sunaryo diikuti penuh antusias oleh para peserta dari tujuh Kecamatan se-Kota Dumai. Pelatihan ini mendatangkan narasumber Ketua AKU Provinsi Sumatera Barat
Ibu Elyzawati SH.

Pembina BPC AKU Dumai dan Pembina DPC Iwapi Dumai, dr H Sunaryo mengapresiasi kegiatan yang digelar yaitu pelatihan membatik dan menyulam bagi kelompok UKM dan UPPKA. Apalagi masa pandemi membuat banyak warga memiliki keterbatasan gerak dan imbasnya banyak yang kehilangan pekerjaannya, sehingga perlu keterampilan untuk bertahan demi memberi peluang usaha baru, sehingga perekonomian UMKM dapat kembali bangkit.

”Jadikan pandemi ini momentum untuk mencetak pengusaha baru secara mandiri, bisa saja berkat pelatihan ini akan hadir pembatik dan ahli menyulam dari Kota Dumai. Terpuruknya sektor usaha akibat pandemi menjadi peluang untuk memunculkan wirausahawan atau entrepreneur baru.

Namun, edukasi dan pendampingan yang tepat tentunya diperlukan agar mereka dapat menyesuaikan diri dan memiliki kreativitas untuk membangun bisnis baru. Terimakasih kepada Ketua BPC AKU dan DPC Iwapi Kota Dumai atas gagasan cemerlangnya menggelar kegiatan pelatihan membatik dan menyulam ini karena sangat positif sekali buat ibu-ibu dari UKM dan UPPKA,” ujar Sunaryo.

Senada itu Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Dumai dan Perkumpulan BPC Andalan Kelompok UPPKA (AKU) Dumai, Dra Hj Sirlyana MP mengatakan pelatihan membatik dan menyulam guna membekali keterampilan serta meningkatkan wawasan ibu-ibu kelompok UMKM dan kelompok UPPKA dalam seni trampil membatik dan menyulam.

”Untuk mahir dalam ketrampilan membatik dan menyulam ini perlu ketekunan dan kesabaran hingga ketrampilan ini betul-betul mampu dikuasai. Bukan hal yang mudah untuk menguasai ini karena tentunya butuh perjuangan dan kerja keras  sehingga dapat menjadi sukses dan menguasai keterampilan tersebut. Alhamdulillah, kita bisa hadirkan narasumber Ibu Elyzawati SH yang mana beliau adalah Ketua AKU Provinsi Sumatera Barat. Terimakasih atas waktu dan sharingnya kepada kami dan ibu-ibu dari kelompok UPPKA dan UKM se-Kota Dumai,” ujar Sirlyana.

Dalam pelatihan, peserta dibagi menjadi dua puluh lima kelompok dengan tetap menjaga jarak dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta juga memakai masker dan mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer. Salah seorang peserta, Nurhuda menuturkan pelatihan membatik dan menyulan yang ditaja Iwapi dan AKU ini sangat bagus sekali karena dapat menggali jiwa enterpreneur masing-masing peserta sehingga bisa lebih mengembangkan potensinya. ”Jika ditekuni maka hasil dari keterampilan ini bisa dijual dan bisa menambah pendapatan di masa pandemi,” tukasnya.(des)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru