oleh

Manfaat Bermain Lego Block

Jakarta (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Mainan lego tampaknya sudah bukan merupakan halasing lagi bagi kebanyakan orang terutama di kalangan anak-anak. Mainan lego ini justru sudah banyak dimainkan oleh anak-anak dan seringkali dijadikan sebagai sarana bermain edukatif.

Pada dasarnya lego block memang bisa memberikan manfaat yang penting bagi perkembangan anak. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat lego block untuk anak tentu Anda bisa terus menyimak keterangan atau penjelasan di bawah ini.

  1. Mengembangkan aspek kognitif

Salah satu hal yang dapat dikembangkan oleh anak dari aktivitas bermain lego block adalah aspek kognitif. Pada dasarnya aspek kognitif ini meliputi daya pikir anak yang bisa memunculkan berbagai ide menarik.

Dengan bermain lego secara terus-menerus maka lama-kelamaan daya kognitif anak akan semakin terasah sehingga anak bisa semakin pandai dan cerdas.

  1. Mengembangkan aspek motorik

Sebenarnya mainan lego block bukan hanya bermanfaat bagi aspek kognitif pada anak saja melainkan juga aspek lainnya seperti misalnya aspek motorik. Mainan lego dapat mendorong anak untuk bisa mengkoordinasikan beberapa anggota tubuh secara bersamaan.

Maka bermain lego akan membuat anak menjadi terbiasa dalam menggerakkan seluruh anggota tubuhnya secara tepat.

  1. Meningkatkan imajinasi

Secara khusus rupanya bermain lego juga dapat memberikan manfaat pada anak dalam hal berimajinasi. Biasanya anak yang terbiasa bermain lego akan terus mengasah imajinasinya sehingga dapat memperkirakan objek yang akan dia buat dan bangun dari lego.

Imajinasi yang terus meningkat akan membuat anak bisa lebih mudah dalam membayangkan sesuatu termasuk memecahkan masalah.

  1. Meningkatkan kreativitas

Lego block yang biasa dimainkan oleh anak rupanya juga dapat meningkatkan kreativitas anak sehingga anak dapat dengan mudah menciptakan sesuatu. Anak nantinya juga dapat memberikan suatu solusi dengan tingkat kreativitas yang tinggi.

Bermain lego juga akan membuat anak bisa memiliki keinginan tinggi untuk menciptakan sesuatu sehingga anak bisa menciptakan banyak hasil karya.

  1. Mengenal bentuk

Pengenalan akan berbagai macam bentuk benda mungkin sudah sangat dikuasai oleh anak-anak yang sudah masuk ke usia sekolah. Dengan bermain lego maka anak-anak akan jadi lebih lihai dalam mengkombinasikan berbagai macma bentuk hingga tercipta suatu hasil karya yang tepat.

Lain halnya dengan anak balita yang bisa mendapatkan manfaat dari lego misalnya berupa pengenalan akan bentuk benda.

  1. Mengenal warna

Bukan hanya bentuk saja yang bisa dikenal oleh anak-anak dari mainan lego yang dirakitnya. Namun anak-anak juga bisa mengenal warna dari permainan lego sehingga pengetahuannya mengenai warna semakin bertambah.

Demikian pula dengan anak-anak yang sudah bersekolah tentunya bisa belajar mengkombinasikan warna.

  1. Mengenal ukuran

Ukuran lego memang ada berbagai macam mulai dari ukurna kecil hingga ukuran sedang dan ada pula lego block yang berukuran besar. Anda bisa mengajarkan pada buah hati Anda yang abru mengenal ukuran tentang perbedaan ukuran benda kecil dan besar dari permainan lego.

Tentu nantinya anak akan dengan cepat memahami dan membandingkan ukuran benda.

Seluruh manfaat di atas tentunya bisa didapatkan dari penggunaan lego block sebagai mainan anak. Bermain lego secara terus-menerus tentunya akan membuat anak jadi semakin pintar karena sifat edukatif yang diberikan oleh lego pada penggunanya.

Maka jangan ragu lagi untuk memberikan mainan berupa lego kepada anak misalnya lego jenis block yang akan semakin merangsang anak untuk terus berpikir dan berkreasi.

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru