Bupati Meranti Lantik 21 Pejabat Eselon III dan IV

SELATPANJANG (DUMAIPOSNEWS) – Usai melantik Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Adil kembali melantik pejabat struktural eselon III dan IV di lingkup pemerintahannya.

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu tepatnya pada 3 September 2021 lalu. Bupati Adil sudah melantik terhadap 243 pejabat, terdiri dari 84 pejabat eselon III dan 159 pejabat eselon IV.

Kongkowkuy

Kali ini sebanyak 21 orang yang terdiri dari tiga pejabat eselon III dan 18 pejabat eselon IV pada Jumat (17/9/21) pagi. Mereka diambil sumpah jabatan dan menandatangani pakta integritas di Aula Kantor Bupati, Selatpanjang.

Tak berbeda dari sebelumnya, pelantikan era Bupati Muhammad Adil ini lebih menonjolkan nuansa melayu. Saat dilantik pejabat mengenakan pakaian kurung melayu dan kebaya. Sementara bagi yang pejabat lelaki menggunakan tanjak di atas kepalanya.

Usai pelantikan itu, Bupati Adil memberikan peringatan bagi pejabat yang dimutasikan ke luar ibukota kabupaten. Bila kedapatan tidak bisa bekerja dengan baik dan mengabaikan disiplin, maka akan segera diganti bahkan terancam akan diberhentikan.

“Jika itu terjadi, akan saya panggil (pejabat bersangkutan) nantinya. Misalkan di dalam absen tiga hari berturut-turut tidak hadir akan langsung diberhentikan. Saya tidak mau main-main, yang jauh dan dekat sama saja. Yang tugas di sana kita pindahkan ke sini, sementara yang bertugas disini jangan sangka disini aman, bisa saja dipindahkan,” tegasnya.

Apa yang dilakukan Bupati Adil terhadap jajarannya bukan tanpa sebab. Karena ada tuntutan terhadap kinerja yang harus ditingkatkan, baik secara kualitas, kecepatan, maupun ketepatan dalam pelaksanaan program pembangunan.

“Yang dilantik harus cepat kerja, saya kasi waktu satu bulan. Saya tidak mau ada urusan lambat-lambat, kalau bisa satu hari kenapa harus lewat satu hari. Jika tidak ada perubahan, akan saya bantai dan diganti saja,” ujarnya.

Mantan Legislatif Provinsi Riau itu juga menyebutkan, pelantikan ini bagian dari upaya untuk memperkuat tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan di sejumlah OPD.

Salah satunya dalam pelantikan hari ini ada tujuh kepala UPT Disdukcapil yang dilantik dan fokusnya untuk percepatan pelayanan KTP nantinya. Kemudian Sekretaris Camat serta beberapa Kepala Bidang dan Kepala Seksi.

“Kalau dibilang ketinggalan iya ketinggalan, karena tempat jabatannya strategis, ini yang jadi masalah. Makanya harus cepat dan seharusnya sudah dilakukan Jum’at kemarin,” pungkas Adil.(ian)