HKG PKK Ke-49, Ratna Berharap Stunting Di Pelalawan Menurun

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM) – Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris menghadiri pelaksanaan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Pelalawan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Selasa (30/3).

Peringatan hari lahir PPK tersebut di lakukan untuk memberdayakam masyarakat, untuk kesejahteraan dan keseteraan gender dalam menjalankan program pemerintah daerah. Puncak peringatan hari kesatuan gerak pkk ke 49 tahun 2021 mengambil tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.

Kongkowkuy

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris mengatakan, bahwa hari kesatuan gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program pokok PKK. Peringatan memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta

dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

” Ya, makna lainnya, gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek atau sasaran program pemerintah. Dimana juga gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi Keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,”terangnya.

Ratna Mainar Harris juga mengatakan, bahwa saat ini tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga Kabupaten Pelalawan semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa, salah satunya stunting. Untuk menekan stunting di Kabupaten Pelalawan, pihaknya langsung turun kelapangan dengan mengunjungi 36 desa yang ada di daerah Pelalawan. Untuk program stunting yang dilakukan, pihaknya kebanyakan menemukan kasusnya di wilayah perusahaan.

” Untuk menekan stunting di Kabupaten Pelalawan kita langsung turun dilapangan. Dan disaat kelapangan bukan hanya sekedar turun saja,kita juga memberikan bantuan kepada keluarga yang kurang mampu seperti bantuan bibit sayuran, mainan anak-anak serta bantuan makanan bergizi buat anak-anak. Dengan ada yang dilakukan ini, kita berharap stunting di Pelalawan menurun.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa dirinya sangat memngapresiasi kinerja yang sudah dilakukan tim PKK Kabupaten Pelalawan, dimana mereka (PKK,red) sangat berperan aktif dan banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

Dirinya menambahkan, bahwa peranan PKK sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan dan kekeluargaan bagi lingkungan.

” Saat ini PKK telah terbukti mampu menjalin kerjasama dan bersinergi dengan perangkat daerah dalam bentuk pelaksanaan berbagai kegiatan dan hari kesatuan gerak PKK ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat kedepannya. Kedepan Kesatuan Gerak PKK Pelalawan dapat lebih meningkatkan esistensinya dilingkungan masyarakat,”tutupnya.(naz)