Saluran Drainase Bintan Banyak Ditutupi Semak Belukar dan Sampah

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)–Warga kelurahan Bintan khususnya Gg Kuini RT 08 melaksanakan Aksi Gotong Royong bersama sama membersihkan lingkungan serta saluran Drainase dari tumpukan sampah.

Kali ini aksi bersih bersih lingkungan tidak hanya dilakukan dikawasan Gg Kuini saja tetapi warga secara bersama sama juga membersihkan saluran Drainase yang tertutup semak belukar dan sampah diKawasan Yasfii atau tepatnya didepan Gg Pusaka.

Kongkowkuy

Hal ini dikarenakan warga Gg kuini merasa resah sebab saluran drainase tidak menggalir dengan lancar sehingga berdampak ketika hujan turun rumah warga cepat sekali terendam banjir.

“Warga Gg Kuini melaksanakan aksi gotong-royong rutin setiap bulan berdasarkan ajakan dari RT setempat untuk Goro membersihkan lingkungan sekitar .”

Kami juga membersihkan semak-semak serta sampah ( Depan Gg Pusaka atau berada di kawasan Gg Yasfii ) yang dianggap tersumbat oleh sampah,Ujar salah seorang Warga Soleh

Pantauan dilapangan dalam Proses pembersihan warga Kuini juga rela turun kedalam selokan untuk mengangkat sampah dengan alat seadanya.

” Warga Gg Kuini rela begini dikarenakan air saluran parit tidak berjalan atau tersumbat sehingga setiap kali hujan turun dalam waktu sebentar saja pemukiman rumah warga gg Kuini langsung terendam banjir .” Ujarnya

Walaupun ia tak menampik bahwa kawasan Gg kuini memang termasuk wilayah rawan Banjir dikelurahan Bintan akan tetapi kondisi banjir tidak separah ini sejak saluran Drainase tersumbat.

” Kalau hujan turun air banjir cepat sekali tinggi alhasil merendam rumah warga dan airpun lama surutnya. Kondisi ini menandakan saluran parit tersumbat oleh sampah .” Sebut nya

Sementara kalau untuk Lingkungan Gg kuini sendiri alhamdullilah saluran drainase selalu dilakukan pembersihan karna setiap bulan dijadwalkan untuk Goro bersama oleh RT setempat.

Menurut warga dengan aksi bersih bersih ini diharapkan pemerintah dapat melakukan pembersihan yang lebih maksimal lagi seperti melakukan penggerukan lumpur atau sentimen serta sampah yang menutupi saluran drainase. Soalnya endapan lumpur membuat pendangkalan pada saluran drainase.

Katanya lagi aksi bersih bersih ini penting mengingat kegiatan yang dilakukan warga gg kuini saat ini dinilai belum maksimal. Bilaperlu seluruh RT dikelurahan Bintan dapat melakukan aksi Gotong Royong bersih bersih lingkungan serta saluram Drainase secara bersama sama.

Soleh juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi kedalam parit karena menimbulkan dampak banjir nantinya.Apalagi waktu musim kemarau seperti ini sangat pas untuk rutin melakukam Gotong Royong.(dev/rio)