oleh

Rabu, DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Kapolri Baru

JAKARTA ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – DPR telah menerima nama calon Kapolri tunggal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengatakan, pihaknya bakal menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test kepada Listyo Sigit pada Rabu (20/1).

“Rabu tanggal 20 jam 10.00 Wib pagi,” ujar Sahroni kepada JawaPos.com, Senin (18/1).

Sahroni mengatakan, untuk hari ini Komisi III DPR bakal mengadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terlebih dahulu mengenai calon Kapolri ini.

“Pagi ini RDPU dengan Kompolnas,” katanya.

Namun demikian, Sahroni mengatakan rapat dengan Kompolnas tersebut tertutup. Sehingga tidak menjadi konsumsi publik.

“Rapat tertutup dan sedang berlangsung,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi epada parlemen ini.

“Bahwa surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulanbpejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” kata Puan.

Nantinya, DPR akan segera memproses dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolr tersebut.

“Setelah hari ini terhitung 20 hari kedepan, kami DPR akan memproses pelaksanaan mekanisme DPR dalam mengusulkan dan memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang akan datang yaitu Listyo Sigit Prabowo,” ungkapnya.( *** )

 

Sumber : Jawapos.com

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru