oleh

Pemerintah Diminta Optimalkan Jumlah Petugas dan Relawan di Daerah Bencana

JAKARTA ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah melalui BNPB, BPBD, dan Taruna Siaga Bencana ( Tagana) mengoptimalkan jumlah petugas dan relawan di daerah-daerah terdampak bencana.

Menurut Bambang, setidaknya ada bencana alam longsor di Sumedang, banjir di sejumlah kabupaten/kota Kalimantan Selatan, dan gempa di Majene.

“Mendesak BNPB, BPBD, dan Tagana untuk dapat mengoptimalkan jumlah petugas dan relawan yang disebar ke daerah-daerah terdampak banjir maupun gempa, agar pelaksanaan penyelamatan serta pemberian bantuan kepada korban dapat dilaksanakan secara paripurna,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Ia pun meminta Kementerian Sosial bersama BNPB melaksanakan proses evakuasi yang aman bagi warga terdampak bencana sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, Bambang meminta pemerintah segera menyiapkan tempat penampungan bagi warga, bantuan-bantuan yang dibutuhkan para korban bencana seperti tenda, selimut, obat-obatan, serta dapur umum, dan MCK.

“Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan harus segera membangun posko kesehatan serta menyediakan tenaga medis yang mumpuni dalam menangani korban, baik korban banjir maupun korban gempa.

Sehingga warga yang sakit maupun yang terluka dapat segera tertangani dengan baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bambang meminta Kemensos juga segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan operasi tanggap darurat terkait penanganan gempa dan banjir.

“Sekaligus memperkuat upaya pencegahan penanggulangan bencana di setiap daerah terutama di daerah yang berkategori risiko tinggi bencana. Sehingga, dampak bencana dapat diminimalisasi guna melindungi masyarakat dan meminimalisi kerugian serta kerusakan jika suatu hari bencana terjadi,” tutur Bambang.(***)

 

Sumber : Kompas.com

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru