Kobaran Api Hanguskan Lantai Dua Panti Asuhan An Nur

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Kobaran api menghanguskan lantai dua Panti Asuhan An Nur di Jalan Sadar Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat, Senin (18/01) sekira pukul 10.45 WIB dan api berhasil dipadamkan pukul 12.15 WIB.

Api berhasil dipadamkan sekitar dua jam setelah petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kota Dumai, PT Pelabuhan I Dumai, PT Pertamina RU II Dumai dan PT Chevron Pacific Indonesia bertungkus lumus melakukan pemadaman. Api dengan cepat menghanguskan seisi bangunan berbentuk leter U seperti kasur, lemari pakaian, baju sekolah, buku serta kebutuhan lainnya.

Kongkowkuy

Informasi yang diterima dilapangan, api bersumber dari bangunan lantai dua di sebelah barat. Beberapa anak putri ketika berada di lantai dua mencium bau ada yang terbakar dan mengeluar asap. Ketika di cari terlihat api telah membesar dan para penghuni panti asuhan berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Hanya butuh waktu dua jam api menghanguskan bangunan permanen tersebut.
Hanya barang-barang yang berada di lantai dasar yang bisa diselamatkan seperti buku-buku, televisi, lemari es serta sembako untuk kebutuhan anak panti asuhan.

Beberapa warga yang ditemui mengungkapkan api dengan cepat membesar dan menghanguskan bangunan yang berada di arah timur. Sementara sumber api berasal dari arah barat.Kepulan asap tebal membuat para penghuni panti asuhan panik dan berusaha menyelamatkan barang-barang yang ada.

Pemilik Panti Asuhan An Nur Suryani Sinaga ketika ditemui hanya menjawab sesekali dan selalu tak bisa menahan rasa sedihnya sambil mengurai air mata. Namun secara terbata-bata dia mengungkapkan tak tahu persis kejadian kebakaran tersebut. Sebab ketika mengajar dia mendapat telepon mengatakan pantai asuhan terbakar, dan bergegas tiba ke lokasi kejadian.

Dia juga masih bingung mau diletak dimana untuk sementara anak anak panti asuhan berjumlah 53 orang terdiri dari 15 putra dan 38 putri. Namun dia berharap ada bantuan dari pemerintah atau donatur untuk membantu membangun kembali panti asuhan berada di lantai dua tersebut.

Lurah STDI Hafis Asbandi didampingi Sekcam Dumai Barat Nasib ketika ditemui akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial agar bisa mendapatkan bantuan.Dan terkait nasib anak anak panti asuhan ini akan berkoordinasi dengan pak camat, apa solusi yang bisa dilakukan.

Kalaksa BPBD Kota Dumai H Afrilagan menambahkan untuk kebutuhan makan siang dan malam anak panti asuhan An Nur sudah dikoordinasikan dengan lembaga zakat dan donatur untuk bisa diatasi. Selanjutnya pihak kecamatan juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk memeriksa kondisi bangunan lantai dua apakah masih layak digunakan apakah tidak.(wan)