Dijadwalkan, Penyuntikan Vaksin Sinovac Di Kabupaten Pelalawan Pada 14 Januari

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM) – Untuk menciptakan respon antibodi pada kekebalan tubuh guna menimalisir terjangkitnya corona virus desease 19 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan, dijadwalkan hari ini atau Selasa (12/1) siang, vaksin sinovac tiba di Kabupaten Pelalawan. Sesuai dengan keputusan rapat tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pelalawan, program vaksinasi sinovac akan disuntikan pertama kali kepada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Furkopimda). Hanya saja, jika tidak memenuhi kriteria maka dtidak akan dilakukan penyuntikan.

” Ya, jadwal pemberian vaksin di Kabupaten Pelalawan akan dimulai Kamis (14/1) kemarin. Dalam penyuntikan vaksin corona tersebut, nantinya akan difokuskan untuk Forkompinda, Setdakab, Kepala OPD dan tenaga kesehatan,” terang juru bicara (jubir) Tim Satgas Covid – 19 Kabupaten Pelalawan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Asril MKes kepada Dumai Pos, Selasa (12/1) hari ini.

Kongkowkuy

Asril juga mengatakan, bahwa dalam penyuntikan vaksin tahap awal, ada 10 nama yang mewakili Forkopimda untuk dilakukan penyuntikan vaksin sinovac yakni Kapolres, Kepala Kejari, Kepala PN,Waka I DPRD Pelalawan, Pabung Kodim KPR, Kakan Kemenag, Kadis kesehatan, Direktur RSUD,KTU RSUD dan perwakilan Satpol PP. Untuk Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan tidak akan dilakukan penyuntikan.

” Untuk Bupati Pelalawan Bapak HM Harris dan Wakil Bupati Pelalawan Bapak Drs H Zardewan MM tidak masuk dalam kategori umur yang ditargetkan untuk disuntik vaksin sinovac, karena sudah berusia diatas 60 tahun. Untuk di Indonesia uji klinis vaksin mulai 18 hingga 59 tahun. Sebenarnya Bupati dan Wabup sangat antusias dan siap bersedia jadi orang pertama disuntikan. 10 nama sudah menyatakan bersedia dan memenuhi seluruh unsur kriteria untuk disuntik vaksin sinovac, “ujarnya.

Ditambahkan Kabag Umum Setwan Dewan Pelalawan ini, bahwa berdasarkan petunjuk dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tenaga medis (nakes) yang prioritas diberikan. Selanjutnya petugas pelayanan publik, kepolisian, TNI, hingga instansi garda terdepan lainnnya.

” Kabupaten Pelalawan bakal mendapat jatah sebanyak 790 dosis vaksin untuk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk tahap pertama. Saat ini sudah terdata sebanyak 780 nakes yang siap dilakukan penyuntikan vaksin.Ini bertahap sesuai jatah dosis yang akan diterima ditahap berikutnya,” tutupnya. (naz)