Ruas Jalinsum Banyak Rusak, Anggota DPRD Provinsi Angkat Bicara

BAGANBATU (DUMAIPOSNEWS.COM)  – Ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang membelah kabupaten Rokan Hilir sejauh ini banyak yang mengalami kerusakan dan sangat membahayakan para pengendara khususnya sepeda motor terus menuai banyak komentar.

Salah seorang warga masyarakat Bagan Batu, Ardianto kepada media mengatakan, bahwa kondisi jalan nasional yang berada di Rokan Hilir sudah rusak sejak beberapa tahun lamanya.

Kongkowkuy

” Ya memang ada dilakukan tambal sulam, namun menurut kami dikerjakan asal-asalan saja. Karena terbukti baru dikerjakan sebulan atau lebih jalan sudah rusak lagi,” ujarnya.

Andrianto juga mengatakan, ruas jalan yang rusak banyak ditemukan disepanjang jalan lintas sampai ke perbatasan Riau-Sumut.

“ Di jalan yang rusak itu sudah sering jatuh pengendara roda dua pak, karena ingin menghindari lubang yang ada di jalan, banyak yang luka-luka dan ada pula yang meninggal dunia. Beberapa kali warga dan juga pihak kepolisian mencoba menutupi jalan yang rusak tersebut dengan tanah dan batu agar pengendara yang melintas aman, tetapi itu tidak bertahan lama,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Rokan Hilir,  H Ali Rahmad Harahap juga menyampaikan kekecewaan atas kondisi jalan nasional tersebut.

“ Kita mendengar banyak masyarakat mengeluh atas kerusakan beberapa titik ruas jalan nasional, salah satunya yang ada di kecamatan Balai Jaya dan Bagan Sinembah. Kalau tidak cepat ditangani bisa membahayakan pengendara, khususnya pengendara roda dua,” ungkapnya.

Menurut politisi Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Rokan Hilir ini menduga ada pembiaran dan tidak serius dari pihak terkait.

” Bahwa sumber pendanaan untuk masalah perbaikan jalan nasional itu sama-sama kita ketahui adalah dari APBN dan untuk pengawasan dan perbaikan yang mengajukan bila ada yang rusak sudah ada Badan yang di tunjuk oleh perintah pusat,” terangnya kembali.

Dimana  bagian yang dimaksud tersebut, lanjut pria bertubuh tambun yang akrab di sapa H Rahmad ini lagi adalah Balai Pemeliharaan Jalan Nasional (BPJN).

” BPJN berkedudukan di provinsi di bawah Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, ujarnya lagi.

Oleh sebab itu dirinya berharap bahwa BPJN tersebut lebih serius memperhatikan kondisi jalan-jalan yang membutuhkan perbaikan.

” Kita berharap mereka inilah yang tanggap dan melaporkan tentang jalan-jalan yang harus segera mendapat perbaikan. Dan kita minta mereka serius dalam menangani perbaikan jalan tersebut demi kenyamanan para pengendara yang melintas,” harap H Rahmad.(min)