Gubri Apresiasi Mitra Binaan CSR Pertamina RU II Terima Kalpataru 2020

BENGKALIS (DUMAIPOSNEWS) – Gubernur Riau Drs H Syamsuar memberikan apresiasi kepada PT Pertamina RU II Sungai Pakning atas kontribusinya dalam pengusulan putra Riau menjadi satu-satunya penerima Kalpataru tahun 2020 dalam kategori Perintis Lingkungan atas nama Sadikin dari Kampung Jawa, Kelurahan Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang merupakan mitra binaan CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut.

Dalam pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Riau pada Jumat (11/9), Gubernur Riau menyampaikan tahniah, selamat, atas pencapaian Sadikin yang telah merintis Arboretum Gambut sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan gambut di Provinsi Riau. Gubernur berharap, langkah Sadikin agar dapat diikuti oleh segenap masyarakat Riau untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama lahan gambut yang memang banyak terdapat di Provinsi Riau.

Kongkowkuy

Sadikin merupakan mitra binaan PT Pertamina RU II Sungai Pakning yang telah aktif dalam penganggulangan kebakaran lahan dan hutan gambut dengan menjadi Masyarakat Peduli Api (MPA) sejak tahun 2017. Selain itu, Sadikin bersama masyarakat juga menginisiasi pertanian nanas yang ditanam di lahan gambut seluas 25 hektare dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat.

Sadikin juga merintis Arboretum Gambut, ekosistem alami yang merupakan habitat bagi berbagai flora langka dan endemik lahan gambut seperti Kantong Semar (Nepenthes sp.).
Melalui Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.302/MENLHK/PSKL/PEG.7/7/2020, Sadikin ditetapkan menjadi penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2020 Kategori Perintis Lingkungan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya. General Manager RU II, Didik Bahagia, juga memberikan apresiasinya kepada Sadikin sebagai sosok pribadi yang tangguh dan peduli lingkungan.

“Ketulusan Sadikin dalam melestarikan lingkungan gambut, bersama dengan pendampingan yang dilakukan oleh Pertamina, telah membuahkan hasil yang bisa dirasakan oleh masyarakat di Sungai Pakning” ungkap Didik Bahagia.

Lebih lanjut, General Manager RU II itu juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan CSR di Pertamina RU II Sungai Pakning telah berhasil menciptakan tokoh-tokoh penggerak lingkungan, tidak hanya Sadikin, namun juga banyak tokoh-tokoh lain yang berkontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan.

“Kami berharap, program kami dapat sinergi dengan Pemerintah sehingga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Semoga ke depan, muncul Sadikin lain dari program-program yang kami laksanakan,” ujar Didik.

Dalam kesempatan itu, Didik Bahagia juga menjelaskan bahwa selain medampingi Sadikin dalam merintis Arboretum Gambut, Pertamina RU II Sungai Pakning juga mendampingi BUMDES Desa Pakning Asal dalam memproduksi Hand Sanitizer berbahan baku Serai Wangi, tanaman yang juga di tanam di lahan gambut, sehingga dapat mengoptimalkan manfaat dari lahan gambut tanpa merusak dan membakar.

Hand Sanitizer Serai Wangi ini juga telah diperkenalkan kepada Gubernur Riau dan langsung mendapat apresiasi positif. “Ini satu dari sekian manfaat lahan gambut yang Riau miliki, tidak hanya dapat menghasilkan tanaman pangan namun juga serai wangi yang bisa kita manfaatkan sebagai Hand Sanitizer, terutama di saat Pandemi COVID seperti sekarang, terima kasih Pertamina telah membina masyarakat kami sehingga bisa menghasilkan inovasi yang bermanfaat” ujar Gubernur Riau.(rio)