Bupati Alfedri Harap DPRD Segera Sah-kan RAPBDP Siak 2020

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM) – Demi Percepatan Realisasi Pelanjutan pembangunan ekonomi dan kesehatan masyarakat serta pendidikan Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi berharap, agar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak dapat segera menyetujui RAPBD-Perubahan  untuk dapat di sahkan menjadi APBD-Perubahan Kabupaten Siak 2020.

Demikian diantara isi tanggapan yang dibacakan Bupati saat sidang paripurna Virtual DPRD Siak tentang tanggapan Bupati terhadap Pandangan Umum 8 Fraksi DPRD terhadap RAPBD-P 2020 pada Senin (21/9) kemarin di Siak.

Kongkowkuy

Rapat virtual ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Siak H.Azmi, didampinggi Wakil Ketua I Fairuz. Rapat virtual ini juga dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19,serta diikuti oleh Unsur Forkopimda,Anggota DPRD,serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintan Kabupaten Siak.

Tanggapan lain dari Bupati Siak Alfedri seperti yangbyertulis di siaran pers Humas Pemkab Siak adalah mengucapkan  terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Anggota Dewan yang tergabung dalam 8 Fraksi DPRD Kabupaten Siak, atas pandangan umum Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2020.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Siak,atas pandangan umum,masukan,dan saran  terhadap Ranperda APBD-Perubahan Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2020 pada sidang paripurna yang telah lalu”, sebut Bupati Alfedri.

Adapun jawaban Bupati Alfedri terhadap pandangan umum Fraksi Golkar  Miduk Gurning terhadap APBD Perubahan tahun 2020 agar mampu memenuhi prinsip, transparansi, akuntabilitas, responsivitas, keadilan, efisien dan efektif terhadap sasaran target khususnya pemulihan dan pengendalian pertumbuhan ekonomi serta dampak terhadap perubahan sosial akibat Pandemi Covid-19, Bupati Alfedri menyatakan sependapat.

“Sehubungan pandangan saudara terkait penanganan covid-19,kami sependapat  bahwa kami akan memberikan perhatian khusus melalui pelaksanaan anggaran perubahan secara transparan,berkeadilan,

dan efisien kepada masyarakat yang terpapar covid-19,dan akan kami berikan perawatan sebaik-baiknya secara gratis di rumah sakit rujukan baik di Siak,Perawang, Minas,dan Pekanbaru”, urainya.

Terhadap usul saran Gustimar dari Fraksi PAN, agar Belanja Daerah diarahkan untuk pembangunan yang berkeadilan,dalam upaya menggerakkan kehidupan sektor ekonomi riil, Bupati menyatakan sependapat, menggingat Belanja daerah dalam APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2020 sesuai regulasi pemerintah pusat,dimana Kabupaten/Kota diwajibkan terus menggerakkan ekonomi melalui pembangunan kawasan pedesaan.

“Terkait saran saudara kami sependapat, dimana upaya untuk menggeliatkan kembali roda perekonomian baik langsung maupun tidak langsung dianggarkan berupa pelaksanaan program kegiatan pembangunan berkeadilan yang mendukung pemulihan ekonomi seperti pembangunan infrastruktur yang sedapat mungkin menggunakan dan melibatkan sumber daya lokal atau Padat Karya Tunai di kawasan pedesaan” jelasnya.

 

Kemudian terhadap usul saran dari Anggota Fraksi Gerinda Paramanda Pakpahan, terkait strategi dalam meningkatkan penerimaan pendapatan daerah secara maksimal guna mencukupi kebutuhan pembiayaan, Bupati lantas menjelaskan strategi terkini guna meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

“Terkait pandangan saudara Paramanda, dapat kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten telah melakukan kerjasama (MoU) dengan Kanwil DJP Riau tentang optimalisasi penerimaan pajak daerah.Serta retribusi pelayanan kesehatan, Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan,serta retribusi pengujian kendaraan bermotor.Kami juga mengoptimalkan peran BUMD dan swasta dalam menyerap tenaga kerja seperti P.T Supraco Indonesia,P.T Envi Reksatama Enginering Consortium Minas, P.T IKPP,dan P.T Hutama Karya Kandis”,sebutnya.

Terkait pandangan umun dari Fraksi PKS Muslim, Alfedri menjelaskan eksplorasi potensi wisata di Kabupaten Siak.

“Terkait pandangan umum saudara Muslim (Fraksi PKS) saya sampaikan bahwa kami sependapat untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Siak”, katanya.

Sementara itu, menanggapi pandangan umum Fraksi PDI-P,Demokrat,Han-Nas,serta Fraksi Kebangkitan Pembangunan, Bupati Alfedri menyampaikan beberapa hal pokok terkait peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini, program dan kegiatan difokuskan pada bidang kesehatan, pendidikan, jaring pengaman sosial dan secara selektif melanjutkan program/ kegiatan yang memiliki daya dukung terhadap perekonomian daerah, diantaranya  penyelesaian pembangunan prasarana perdagangan, prasarana pertanian, prasarana pariwisata, peningkatan kualitas perumahan, pemeliharaan irigasi, pemeliharaan jalan, sertifikasi usaha akomodasi, fasilitasi bantuan stimulan UMKM yang terdampak Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai”, jelasnya.

Bupati Alfedri juga menjelaskan bahwa pihaknya akan meningkatkan fasilitasi pendidikan dan kesehatan,meningkatkan pos belanja hibah berupa Bantuan Operasional Pendidik (BOP). (rel)