oleh

27 Kasus Baru di Dumai, 1 Pasien Meninggal Dunia

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) — Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Dumai terus bertambah. Pada Ahad (13/9) bertambah 27 kasus. Parahnya lagi ada tambahan satu pasien positif Covid-19 yang dinyatakan meninggal.

“Hari ini (kemarin, red) ada penambahan 27 kasus positif. Tiga pasien merupakan pasien kontak erat dari kasus konfirmasi sebelumnya, 16 kasus suspect dan 8 kasus dari skrining kesehatan,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai dr Syaiful, Ahad (13/9).

Sementara untuk satu pasien meninggal dunia dan diketahui juga terpapar Covid-19 berinisial Tuan B (66) warga Kelurahan Ratu Sima. “Pasien memiliki riwayat gangguan kesehatan lain sebelumnya.

Namun hasil swab juga menunjukkan terpapar Covid-19. Jadi Covid-19 memperberat penyakit pasien tersebut,” ujarnya. Ia mengatakan pasien meninggal pada, Ahad (13/9) dan sudah dikebumikan ke pemakaman di Kelurahan Jaya Mukti.

“Dimakamkan sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya. Selain itu, ia mengatakan pada hari yang sama ada 8 pasien dinyatakan sembuh.

“Dengan demikian total akumulasi saat ini 352 kasus positif dengan rincian 115 orang sembuh, 232 orang dalam perawatan (166 orang isolasi mandiri, 66 orang rawat di RS) dan 5 orang meninggal dunia,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa data kemarin menunjukkan sebagian besar kasus merupakan hasil tracing. Artinya belum diketahui jelas sumber penularan atau rantai penularannya sudah sejauh apa.

“Tentu patut diduga bahwa di antara kita sudah ada yang terinfeksi Covid-19, namun tidak bergejala atau belum diketahui karena belum dilakukan swab atau tes PCR,” terangnya. Untuk itu, masyarakat Kota Dumai diminta selalu taat terhadap protokol kesehatan. “Gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak serta hindari kerumunan,” sebutnya.(rpg)

Berita Terbaru