Tidak Ada Penambahan, Dua Pesien Covid-19 Isolasi Mandiri

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-KASUS positif Covid-19 di Kota Dumai, Selasa (11/8) tidak ada penambahan, total kasus positif berjumlah 40 kasus, dengan rincian 35 kasus sembuh dan 5 kasus masih mendapatkan perawatan di RSUD Kota Dumai dan isolasi mandiri.

Juru Bicara Gugus tugas Covid-19, Kota Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa Selasa (11/8), saat ini tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Kongkowkuy

“Tidak ada penambahan kasus hari, dan pasien positif masih lima, tiga pasien di rawat di RSUD dan dua lagi dirawat secara mandiri di rumah,” katanya, Selasa

Dijelaskan mantan Direktur RSUD Dumai itu, tiga pasien yang dirawat di RSUD Dumai, yakni pasien 36 berinisial SS (60), pasien 37 berinisial NS dan pasien ke 40 DDD (35).

Sedangkan pasien 39 berinisial MMT (11), dan pasien 38 berinisial ACT (13) yang merupakan Kakak adik, tambah Syaiful di isolasi secara mandiri di kediaman mereka.

“Secara aturan, isolasi mandiri terhadap pasien COVID-19, OTG bisa dilakukan, dengan syarat kondisi rumah memenuhi standar yang telah ditentukan, dan rumah pasien 39 dan 38 telah memenuhi standar untuk melakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Ia menjelaskan, pasien 38 dan 39 ini tetap diawasi dengan ketat, baik dari pihak RT maupun dari gugus tugas, hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk orang tua pasien tersebut, tambahnya, juga dilakukan pengawasan, meskipun orang tua pasien merupakan tenaga medis, dan untuk sementara tidak masuk kerja.

“Orang tua pasien ke 38 dan 39 sudah dilakukan SWAB dan hasilnya negatif, meskipun begitu kita tetap melakukan pengawasan,” terangnya.

Ia mengaku, pihaknya terus melakukan tracing terhadap para pasien positif di kota Dumai, hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kota Dumai.

Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk konsisten, di mana saja, termasuk di area perkantoran dan area ruang publik tertutup untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak minimal 1 meter dan disiplin mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Syaiful yakin, jika seluruh masyarakat Kota Dumai patuh menjalankan 3 kunci disiplin tersebut, pandemi virus ini akan segera berakhir. Tanpa partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka pencegahan dan pengendalian Covid-19 akan sia-sia.

“Mari bersama sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Dumai,” pungkasnya.(ras)

Editor : Bambang Rio