oleh

Target Pelaksanaan Swab Di Pelalawan Baru Tercapai 59 Persen Dari Target 1.750 Orang

PELALAWAN(DUMAIPOSNEWS.COM) – Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pelalawan, Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan terus melakukan berbagai upaya. Dimana salah satunya melaksanakan swab terhadap orang melakukan yang telah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi virus Corona. Sampai saat ini pihaknya sudah melakukan swab sebanyak 800 orang atau 59 persen dari target sebanyak 1.750 orang.

” Ya, hingga saat ini, kita sudah melaksanakan swab terhadap 800 orang atau 59 persen dari target sebanyak 1.750 orang. Dan Insya Allah dalam waktu dekat ini, kita akan menggelar swab massal sebanyak 950 orang, sehingga target kita dapat tercapai untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Negeri Seiya Sekata ini,” terang Asril kepada Dumai Pos, Kamis (6/8).

Asril juga mengatakan, bahwa dalam sepekan terakhir, pihaknya telah melaksanakan swab sebanyak 70 orang hasil tracing kontak pasien terkonfirmasi Covid-19 berinisial MR yang dilaksanakan dalam dua tahap. Dimana untuk swab tahap pertama, sebanyak 12 orang yang 7 diantaranya dinyatakan positif terjangkit virus corona. Dan sisanya sebanyak 5 lainnya, hasilnya negatif.

” Sedangkan untuk tracing kontak pasien MR yang merupakan salah satu pejabat di Kemenag Pelalawan tahap dua, ada sebanyak 58 orang yang telah dilakukan swab. Dan diperkirakan hasilnya akan disampaikan tim Labkesda Dinkes Riau pada Kamis (6/8) sore besok,” ujar seraya menyebutkan saat ini di Pelalawan terdata 28 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang 16 diantaranya masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit Kota Pekanbaru.

Disinggung terkait kendala dalam memenuhi target pelaksanaan swab, pihaknya sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan swab. Hanya saja, pihaknya memfokuskan pelaksanaan swab tersebut dilakukan terhadap orang yang telah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi melalui pelaksanaan tracing.

” Artinya, tidak semua warga suspek di swab, namun orang yang kontak erat dengan pasien positif sudah pasti kita swab,”  jelasnya.

Asri menambahkan, bahwa  Pelalawan nihil pasien terkonfirmasi virus Corona. Untuk itu, dengan munculnya 16 kasus baru pasien terkonfirmasi Covid-19 di Negeri Amanah ini, maka pihaknya kembali mengingatkan warga dapat mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak (sosial distancing), hand sanitizer. Serta membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas diluar rumah. Sehingga dapat terhindar dari penularan virus mematikan ini.

” Jadi, sayangilah diri sendiri dan juga keluarga kita dari penyebaran dan penularan Covid-19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan jika tidak mendesak, hindarilah melakukan aktivitas diluar rumah dan juga berkerumun dengan warga,” tutupnya. (naz)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru