oleh

Gedung PGRI Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Positif Covid-19

BAGANBATU (DUMAIPOSNEWS.COM) – Meningkatnya jumlah warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 membuat Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Bagan Sinembah harus mencari jalan dengan sebagai lokasi perawatan dan sekaligus tempat isolasi.

Hal ini disebabkan, sejauh ini pasien positif yang terpapar covid-19 ini harus menjalani masa isolasi di Puskesmas Bagan Batu dan Rumah Sakit swasta serta isolasi mandiri dirumah, namun masih dalam pengawasan petugas kesehatan.

Pencarian lokasi isolasi itu juga menindaklanjuti perintah Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp yang sebelumnya juga melakukan video conference (Vidcon) dengan Upika Bagan Sinembah.

Oleh karenanya, pada Selasa (4/8) Upika bersama dengan Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafat Silalahi langsung melakukan peninjauan di bangunan Gedung Guru dan PGRI Bagan Sinembah yang terletak lintas Riau-Sumut Km 8.

” Kita pilih gedung PGRI sebagai lokasi isolasi bagi pasien positif covid-19 ini karena kita ingin pemantauan, pengawasan dan perawatannya menjadi lebih efektif dibandingkan sekarang ini,” ujar Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi disela-sela peninjauan.

Dirinya juga tidak menafikkan dengan kondisi gedung sejauh ini belum layak difungsikan karena sekitar bangunan gedung dipenuhi dengan semak belukar, serta kondisi bangunan juga banyak yang mengalami kerusakan.

” Namun kita tetap memilih gedung PGRI sebagai lokasi isolasi. Alasannya, selain bangunannya luas, juga ada halaman yang bisa digunakan sebagai tempat olahraga bagi para pasien nantinya,” terang Sakinah.

Dengan demikian, lanjutnya lagi kedepannya sistem pengawasan akan lebih mudah dan dilakukan dengan secara bersama oleh semua petugas yang ada di kecamatan Bagan Sinembah.

” Nanti pengawasannya itu dilakukan bersama, selain ada petugas kesehatan juga ada diantaranya TNI dan Polri serta Satpol PP,” ungkap Sakinah.

Dan sebelum difungsikan, Sakinah juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pembersihan terhadap bangunan dan sekitar. ” Insya Allah Sabtu depan akan laksanakan gotong royong massal di lokasi bangunan ini,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafat Silalahi juga menyambut positif dengan dipilihnya bangunan gedung PGRI sebagai lokasi isolasi bagi pasien positif covid-19.

” Jika memang nanti seluruh pasien positif covid-19 di isolasi secara terpusat dan satu tempat, jelas ini memudahkan kita untuk melakukan pengawasan dan perawatan,” ujar Josafat. (min)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru