Dua Babinsa Laksanakan Upsus Pembersihan Lahan Ketahanan Pangan Jagung

SIMPANGKANAN (DUMAIPOSNEWS) —   Dua Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Bgs yang dipimpin oleh Sertu Dedi Purnama  melaksanakan upaya khusus (upsus) pendampingan petani dalam rangka swasembada pangan, Ahad (23/8).
Dalam pendampingan tersebut babinsa membantu petani melakukan pembersihan lahan ketahanan pangan tanaman jagung yang terletak di kepenghuluan Bagan Nibung, kecamatan Simpang Kanan.
” Pada pengendalian satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan produktivitas jagung, termasuk pertumbuhan gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam budidaya jagung,” kata Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa kepada Dumai Pos.
Dia menambahkan, tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.
Danramil juga mengungkapkan, tanaman jagung tersebut perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung. Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung.
” Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat dan sekaligus merubah paradigma masyarakat bahwa setiap lahan hanya ditanami kelapa sawit, ” ujarnya.
Dengan memonitoring tanaman di desa binaannya, ini untuk sebagai apresiasi tindakan percontohan bagi masyarakat setempat. “Dalam kegiatan itu yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung,” tambah Danramil. (min)