Bupati Irwan Resmikan RTH, Kini Selatpanjang Punya Tempat Santai Yang Nyaman Dengan Berbagai Fasilitas Olahraga

MERANTI(DUMAIPOSNEWS.COM) -Kabar gembira bagi masyarakat Meranti khsusnya Selatpanjang karena tak perlu jauh-jauh untuk mncari lokasi bersantai untuk keluarga yang dilengkapi dengan berbagau fasilitas olahraga, karena Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, telah membuka secara resmi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Selatpanjang yang dipusatkan di Seputaran Komplek Gedung LAM Meranti, Jalan Dorak, Selasa (18/8/2020).

Hadir dalam acara itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Ny. Hj. Nirwana Sari, Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Ketua MKA LAM Meranti H. Ridwan Hasan, Ketua Harian LAM Meranti Dt. Muzamil Baharuddin, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto SE MM, Ka. Kemenag Meranti H. Agustiar, Danramil Selatpanjang Mayor. TNI Bismi Tambunan, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Kepala Badan Lingkungan Hidup Drs. Irmansyah M.Si, Danlanal Selatpanjang Letda. Jeri Hendra, Perwakilan Kemenkum HAM Meranti, Sejumlah Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Tokoh Agama/Masyarakat dan lainnya.

Kongkowkuy

Peresmian fasilitas publik yang sangat diidamkan masyarakat Meranti ituĀ dilakukan langsung oleh Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon keudara serta penandatanganan prasasti yang disaksikan seluruh tamu undangan.

Sekedar informssi acara peresmian RTH Kepulauan Meranti ini dikemas dengan kegiatan makan gratis berbagai menu makanan berbahan dasar Sagu dan Festival Kicau Burung.

Seperti dijelaskan Ka. Badan Lingkungan Hidup, RTH yang sangat representatif ini merupakan komitmen dari Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang direalisaikan oleh Badan Lingkungan Hidup untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat bersantai keluarga yang nyaman dan mempu membuat fikiran relax dengan pemandangannya yang serba hijau.

RTH Kota Selatpanjang ini memilki Luas 1.5 Ha dilengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan yang luas, taman bunga, fasilitas olahraga Skate Board, Track Jalan Santai, Kolam Ikan, Fasilitas Climbing dan Foodcurt yang menyajikan berbagai kuliner berbahan dasar Sagu. Pembangunan RTH ini memakan waktu yang panjang dan memiliki kerumitan karena harus menunggu tanaman yang ditanam tumbuh subur. Untuk itu Badan Lingkungan Hidup Meranti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan fasilitas publik tersebut dantaranya kepada, LAM Meranti, Dinas Pariwisata, LSM Gagak Hitam, Para Penggerak PKK, dan masyarakat lainnya.

Menyikapi keberadaan fasilitas ruang hijau ini mendapat sambutan positif dari Ketua MKA LAM Meranti Dt. H. Ridwan Hasan, menurutnya pembangunan RTH ini sangat tepat dan memang sudah sejak lama didamidamkan masyarakat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab. Meranti karena dengan adanya RTH ditengah Kota Selatpanjang masyarakat tak perlu jauh-jauh lagi untuk mencari tempat bersantai yang nyaman bagi keluarga,” ujar Ridwan Hasan.

Ia berharap RTH ini nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bukan hanya memanfaatkan masyarakat juga diminta untuk bersama-sama menjaganya sehingga fasilitas publik yang dibangun dengan uang rakyat yang tak sedikit itu dapat terus awet.

“Mari kita bersama-sama menjaga fasilitas ini jangan sampai dirusak,” ujarnya lagi,

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasi kepada Badan Lingkungan Hidup Meranti yang telah mewujudkan fasilitas RTH tempat bersantai keluarga yang cukup representatif. Meski pembangunanya RTH yang dimulai sejak tahun 2018 lalu ini memakan waktu yang cukup panjang.

Dari pandangan Bupati RTH Kota Sepatpanjang ini cukup spesial karena ditanami dengan berbagau tumbuh-tumbuhan yang diimport dari Bali dan Bogor. Salah satunya pohon Tabebuya yang memiliki bunga yang indah.

“Semoga tahun depan pohon Tabebuya ini sudah mulai berbunga dan semakin menambah keindahan dari RTH ini,” harap Bupati.

Untuk itu demi kelestarian RTH ini senada dengan Ketua MKA Meranti H. Ridwan Hasan, Bupati Irwan juga mengajak masyarakat untuk menjaga tanaman yang ada di RTH jangan sampai terjadi pengrusakan apalagi dicuri.

“Kami juga meminta peran aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga RTH ini,” ucap Bupati.

Lebih jauh dikatakan Bupati, lokasi RTH ini sengaja dipusatian di Gedung LAM Meranti adalah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada generasi muda Meranti tentang adat istiadat Melayu agar senantiasa melekat dihati para generasi muda.

“Semoga melaui RTH yang berada di Gedung LAM ini dapat lebih memperkenalkan budaya melayu kepada generasi muda kita saat ini,” jelasnya.

Dan terakhir untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sering terlintas difikiran para wisatawan yang datang ke Meranti, yang menanyakan dimana tempat menikmati kuliner Sagu Pemkab. Meranti membangun Gerai Makanan Berbahan Dasar Sagu dilokasi yang berada tepat ditengah RTH ini masyarakat dapat menikmati berbagai makanan maupun minuman berbahan dasar Sagu.

“Kan tak lucu sebagai daerah yang terkenal dengan Sagunya justru susah mencari makanan yang terbuat dari Sagu, untuk itu disini kita bangun Food Curt jadi jika ingin menikmati aneka makanan dari Sagu tinggal datang kesini saja,” ujar Bupati.

Keberadaan Food Curt ini sekaligus sebagai media bagi Pemkab. Meranti untuk memperkenalkan makanan Sagu kepada para wisatawan yang datang sehingga Sagu akan lebih dikenal di Indonesia.

“Semoga kedepan Sagu Meranti bisa lebih dikenal dan mampu mendukung terwujudnya ketahanan Pangan Nasional,” harap Bupati.

Kedepan Bupati berharap akan terbangun 2 RTH lagi yakni di Jalan Utama Gelora dan Perumbi yang lebih difokuskan untuk sarana olahraga masyarakat seperti untuk senam dan lainnya.

“Selain taman ini kita berencana juga akan dibangun 2 taman besar lagi yang berada di jalan Utama Gelora dan juga di Perumbi yang difokuskan untuk lokasi olahraga masyarakat, semoga rencana ini kedepan dapat terwujud,” pungkas Bupati.(Ags)