Tekad Raih Anugrah Parahita Eka Praya, DP3A Berharap Dukungan Semua Perangkat Daerah

BENGKALIS(DUMAIPOSNEWS.COM) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bengkalis, Seni (27/7) menggelar Rapat Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG). Rapat berkaitan target pencapaian Anugrah Parahita Eka Praya (APE) tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis, H Raja Arlingga menyampaikan, hal-hal teknis yang dilaksanakan oleh pemerintah tentang PUG.

Kongkowkuy

 “Kami mengharapkan dukungan dari semua Perangkat Daerah untuk tahun 2020 Kabupaten Bengkalis bisa memperoleh Anugrah Parahita Eka Praya (APE)  yang kita harapkan,” ucapnya.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan Peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Lanjut Raja Arlingga terdapat 60 peserta yang mengikuti rapat terdiri dari pimpinan Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Bengkalis dan sejumlah pengurus PUG lainnya.

“Sementara narasumber, kita datangkan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau yakni Devi Rusanti,” ujarnya.

Plh Bupati Bengkalis diwakili Heri Indra Putra, dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus direspon dalam setiap aktivitas pembangunan.

“Karena gender merupakan salah satu tujuan utama dalam pembangunan global, sebagaimana hasil kesepakatan dari negara-negara di dunia yang dilaksanakan di beijing tahun 1955 pada saat konfrensi PBB untuk perempuan dan ini juga sejalan dengan tujuan ke 5 dari 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGS), yaitu kesetaraan gender,” ujar Heri.

Sebagai salah satu wujud nyatanya kata Heri, adalah dengan memasukkan keadilan gender pada setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan, bahkan keadilan gender juga telah menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Apresiasi juga disampaikan kepada Perangkat Daerah (PD) telah  bekerjasama memberikan data-data yang diperlukan  saat  akan melakukan pengisian data untuk penilaian APE tahun 2020.

“Untuk itu diharapkan kerjasama ini akan tetap berlanjut pada saat pengumpulan data pada tahun ini, dan mudah-mudahan dengan berhasilnya penilaian anugerah Parahyta Ekapraya tahun 2020 ini  dapat lebih memotivasi dan menggugah semangat masyarakat Kabupaten Bengkalis  untuk membuktikan potensi dan kemampuannya sehingga mampu memberikan sumbangan yang positip dalam pembangunan,” pinta Bustami.   (auf)