oleh

Perhatikan Protokol Kesehatan, Sholat Idul Adha dan Berqurban

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemang) Kota Dumai, H Syafwan engungkapkan bahwa pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban di Kota Dumai, dilaksanakan sesuai himbauan pemerintah.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan Idul Adha baik pelaksanaan sholat maupun pemotongan hewan kurban dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Syafwan menjelaskan, ‎untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban sekaligus pendistribusiannya dilakukan di mesjid-mesjid dan lapangan seperti biasanya, namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Karena kita sekarang masih berada di Zona Kuning, tidak berada di Zona Merah, maka pelaksanaan ‎pemotongan hewan kurban serta pembagiannya masih sama seperti tahun sebelumnya, tidak diantarkan ke rumah-rumah oleh panitia, tapi sekali lagi harus menerapkan protokol kesehatan,” katanya, Rabu (29/7).

Diakuinya, memang ada himbauan kepada masyarakat atau panitia kurban agar mengantarkan daging kurban ke rumah-rumah warga agar tidak menimbulkan kerumunan, namun Dumai masih di Zona Kuning, jika Zona merah bisa saja itu diterapkan di Kota Dumai.

Menurutnya, jumlah hewan kurban mengalami penurunan hingg‎a 50 persen di setiap mesjid, dimana mesjid yang biasanya menyembelih hewan kurban sampai 15 ekor, kini hanya lima ekor.

“Penurunan jumlah hewan kurban hampir merata di setiap mesjid yang ada di Kota Dumai dan itu dikarenakan memang kondisi ekonomi masyarakat menurun akibat Pandemi Covid-19,” sebutnya.

Sementara, untuk pelaksanaan sholat Idul Adha akan dilaksanakan di mesjid-mesjid yang ada di Kota Dumai dengan menerapkan protokol kesehatan dan diharapkan panitia sholat Idul Adha bisa memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk pelaksanaan solat Idul Adha Pemko Dumai, akan dilaksanakan atau dipusatkan di lapangan Bukit Gelanggang kota Dumai, yang‎ juga akan menerapkan protokol Kesehatan.

Selain itu, Syafwan menegaskan bahwa pihaknya juga telah mensosialisasikan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh para panitia sholat Idul Adha maupun panitia pemotongan hewan kurban, termasuk surat edaran walikota Dumai.

Bukan hanya itu saja, ia juga sudah menghimbau kepada para khotib yang akan mengisi ceramah saat pelaksanaan sholat Idul Adha untuk memperpendek durasi ceramah.

“Diperkirakan pelaksanaan ibadah solat Idul Adha akan berlangsung di 200 mesjid yang ada di kota Dumai dan di lapangan bukit Gelanggang. Meski demikian diharapkan seluruh pelaksana untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.(ras)

 

Berita Terbaru