Pandemi Covid 19, Seleksi Calon Paskibraka Dumai Ditiadakan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-DINAS Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Dumai meniadakan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat kota karena pandemi Covid 19 yang belum reda. Lain itu anggaran untuk rekrutmen paskibraka dipergunakan untuk penanganan virus corona.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Dumai H Syamsudin mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan surat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang seleksi rekrutmen calon paskibraka tingkat nasional pada 2020 yang ditiadakan.

Kongkowkuy

“Mengacu pada surat Kemenpora, otomatis rekrutmen calon paskibra di tingkat provinsi dan kabupaten dan kota juga ditiadakan,” kata dia.

Terkait dengan pelaksanaan Peringatan HUT Ke-75 RI, lanjut Syamsudin masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

“Apakah bakal ada kegiatan upacara bendera seperti memperingati HUT RI pada tahun ini? Syamsudin mengaku belum tahu. Jikapun diadakan, maka Disparpora akan menggunakan personil Paskibraka pada tahun 2019 lalu,”tuturnya lagi.

Tentu mereka sudah berpengalaman, sehingga tidak perlu dilatih lagi, pada intinya kami siap apabila tetap dilaksanakan di lapangan.

Tiadanya paskibraka 2020 berdasarkan surat Kemenpora RI nomor PP.00.00/5.16.1/D-II/Iv/2020 tentang Pelaksanaan Seleksi Paskibraka Nasional 2020, disebutkan tidak dilaksanakan rekrutmen calon Paskibraka dari provinsi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Tidak adanya seleksi Paskibra dikarenakan saat ini pandemi Covid-19 masih melanda di Indonesia termasuk di provinsi Riau dan kota Dumai.(ras)

Editor : Bambang Rio