Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Kucurkan Dana Bantuan Peduli Umat

BALAI JAYA (DUMAIPOSNEWS.COM) – Sebagai bentuk kepedulian Pengurus  Lembaga Adat Melayu Riau (LAM)  Kawasan kepada warga yang mengalami musibah kebakaran.

LAM Riau Kawasan pada hari Selasa  30 Juni 2020 kemarin menyerahkan secara langsung bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Balai Jaya Kota, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, dengan sejumlah uang tunai Rp 13.300.000.
Bantuan Peduli ini diserahkan langsung oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat Datuk H Syamsudin Ahmad, didampingi Ketua Umum  Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk H Syafrizal, Sekretsris Umum DPH Datuk Saufi Spd , dan Jajaran Pengurus Rusman S Ag , As’ari Toha yang disaksikan oleh perwakilan dari Kantor Camat Balai Jaya Kasi Kessos Tuan H IlhamSPd.

Kongkowkuy

Dalam sambutan singkat Ketua umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk H Syafrizal mengatakan, bahwa bantuan yang disalurkan oleh Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan ini bersumber dari sumbangan  Keluarga besar Melayu yang terhimpun didalam Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan baik yang berdomisili di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya serta warga Melayu yang tinggal dibeberapa daerah dan dari semua unsur kalangan baik Kalangan Muda Kalangan Tua, Tokoh Melayu, Ulama dan Cindikiawan.

“Bahkan, ada sumbangan dari warga melayu yang bertempat tinggal di Jakarta, Pekanbaru, Bengkalis, Dumai, Duri, Kubu Medan Bahkan ada juga saudara kita yang tinggal di Negara India juga turut ikut bagian dalam kegiatan amal ini,” kata H Syafrizal.

Lebih lanjut Datuk H Syafrizal mengatakan, bantuan yang di serahkan ini adalah bentuk kepedulian pengurus LAM Riau Kawasan Kepada warga Melayu yang mengalami musibah, baik yang tinggal di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya , Kecamatan Bagansinembah Raya, maupun yang ada di Kecamatan Kecamatan lainnya.

Menurut Datuk H Syafrizal pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan akan berusaha selalu hadir  ditengah Masyarakat Sebagai Pemilik Negeri.

Lebih lanjut Datuk H Syafrizal mengatakan bantuan yang disalurkan ini menjadi bukti bahwa pengurus LAM Riau Kawasan tidak pernah melupakan keluarganya.

“Ini menunjukkan bahwa LAM Riau Kawasan tetap eksis serta tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk warganya,” papar H Syafrizal.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan Kepada  Camat Kecamatan Bagansinembah Raya HM Yusuf MSI, Camat Kecamatan Balai Jaya Syamsuhir Spd dan Camat Kecamatan Bagan Sinembah yang juga telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam kegiatan amal ini.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris MKA Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk Said Khairuddin Phd  mengucapkan terima kasih Kepada Tuan dan Puan, seluruh Pengurus dan warga Melayu yang telah memberikan bantuan untuk korban kebakaran ini.

“Atas nama Keluarga Besar Masyarakat Melayu yang ada di 3 Kecamatan kita sangat berterima kasih kepada saudara-saudara kita, meskipun tempat tinggal mereka jauh namun karena semangat kebersamaan bantuan tersebut tetap didonasikan,” ujarnya.

Lebih lanjut  Datuk Said Khairuddin berharap bantuan yang diberikan kepada keluarga korban ini dapat kiranya dipergunakan dengan sebaik-baik mungkin.

“Harapan kita semua agar keluarga korban tidak berlarut-larut dalam kesedihan serta dapat menjalankan aktivitas kehidupan seperti biasanya,” pesanya.

Datuk Khairudin juga menegaskan bahwa Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan adalah lembaga yang beranggotakan seluruh elemen masyarakat tidak membatasi dari suku mana saja  baik Dia berasal dari suku Batak suku Jawa  Madura dan Suku suku  lain nya bisa menjadi anggota di lembaga adat Melayu Riau Kawasan ini.

“Tentu dengan syarat dan ketentuan yang ada di lembaga Adat Melayu Riau Kawasan,” katanya.

“Sekali lagi pada kesempatan ini saya menghimbau agar semua warga khususnya di 3 Kecamatan ini bisa bergabung di Lembaga Adat Melayu Riau yang merupakan wadah tempat berhimpunnya kita semua,” katanya.

“Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Sebagai Tuan Negeri  maka dari itu kami selalu mengayomi warga masyarakat yang ada tinggal di wilayah kami dan

Begitu juga kepada Lembaga adat Melayu Riau yang ada di Kabupaten, Kecamatan-Kecamatan lain nya, mari saling bahu-membahu dukung mendukung agar kita sebagai Tuan Negeri pemilik Kampung bisa melindungi masyarakat yang ada  tinggal di negeri kita ini,” pungkasnya. (min)