Empat Sembuh, Positif Di Dumai Bertambah Satu

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kota Dumai, Kamis (02/07/2020) mengkonfirmasi empat pasien positif Covid 19 klaster pasar tradisional dinyatakan sembuh. Namun pada hari yang sama terjadi penambahan 1 kasus positif.

Empat pasien sembuh itu masing-masing pasien ke 22 inisial R (49 tahun) warga Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, pasien nomor 20 inisial Tn. E (65 tahun) warga Kelurahan Ratu Sima Kecamatan Dumai Barat, pasien nomor 25 inisial Tn N (68 tahun) warga Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan dan pasien nomor 26 inisial Tn M (23 tahun) warga Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur.

Kongkowkuy

“Dengan sembuhnya empat pasien ini, seluruh pasien terkait PCR test seluruh pedagang pasar tradisional dinyatakan sembuh,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kota Dumai dr. H Syaiful kepada Dumai Pos, Kamis (02/07/2020).

Pada Kamis (02/07/2020), gugus tugas juga menerima 1 hasil positif covid 19 dari Laboratorium Biomolukuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru atas sampel sputum yang dikirim beberapa waktu lalu.

Terkonfirmasi positif yaitu pasien ke 27 atas nama Tn. M.W.A usia 21 tahun, berdomisili di Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat. “Pasien ini didapatkan dari hasil skrining Rapid Test yang menunjukkan hasil reaktif. Dan ternyata hasil test PCR menunjukkan terkonfirmasi positif,” terang Syaiful.

Lanjut Syaiful, pasien ke 27 merupakan warga Makassar yang akan melaksanakan pekerjaan pemasangan kaca di Patra Niaga. Sebelum melaksanakan pekerjaan harus memenuhi persyaratan negatif rapid test.

“Hasil rapid menunjukkan reaktif dan kita isolasi. Lantas Gugus tugas menindaklanjutinya dengan pengambilan sampel sputum. Dari laboratorium Biomolukuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru menunjukkan hasil positif,” terang Syaiful.

Pasien ke 27 saat ini tinggal di salah satu kos kosan di Kelurahan Pangkalan Sesai. Dan gugus tugas langsung melakukan tracking terhadap rekan sekerja maupun satu kos. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Kota Dumai.

Dengan sembuhnya 4 pasien dan penambahan 1 pasien positif ini, total akumulasi pasien positif covid 19 di Kota Dumai berjumlah 27 orang. Dari jumlah ini, 26 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang masih dirawat dan diisolasi.

Akumulasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.004 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 2.690 selesai dipantaundan 314 orang masih dalam pemantauan.

Akumulasi Pasien Dalam Perawatan (PDP) sebanyak 120 orang. Dari jumlah ini, selesai perawatan dan dinyatakan sembuh sebanyak 111 orang, meninggal sebanyak 6 orang dan masih dalam perawatan sebanyak 3 orang.

“Meskipun pada hari ini jumlah pasien positif dan PDP yang dinyatakan sembuh, namun Kota Dumai belum masuk ke dalam Zona Hijau. Karenanya kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menjalankan 3 disiplin pencegahan penularan COVID-19. Disiplin memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter dan tetap di rumah,” imbau Syaiful. (wan)

 

Editor : Bambang Rio