Abrasi Ancam Tenggelamkan Pulau Bengkalis

BENGKALIS(DUMAIPOSNEWS.COM) – Ancaman abrasi pantai benar benar sangat mengkawatirkan bagi masyarakat terutama yang tinggal di desa desa sepanjang pesisir pantai utara Bengkalis.

Abrasi tidak hanya menerjang dan menenggelamkan tebing pantai. Tapi sudah meruntuhkan kebun ladang, sarana prasarana umum jalan, gedung hingga pemukiman rumah dan kuburan.

Kongkowkuy

“ Kekawatiran pulau Bengkalis tenggelam itu tidak mengada ada, lihatlah kondisi yang terjadi, desa kami sudah hampir satu kilo meter dimakan lautan “ kata Edi Zakri Kades Pambang Baru Kecamatan Bantan.

Kecemasan warga sangatlah beralasan. Setiap hari gelombang mengikis daratan sementara untuk menanggulangi abrasi yang telah di lakukan terasa sia sia tak mampu melawan ganasnya gelombang Selat Melaka.

Untuk membuktikan ancaman abrasi kepala desa Edy Zakri bersama Bagus Santoso bakal calon wakil Bupati Bengkalis bersama rombongan melihat langsung parahnya abrasi pinggir pantai desanya.

Sambil menyusuri tebing pantai Edi Zakri mengatakan pemerintah desa bersama warga tidak diam berpangku tangan. Dengan kemampuan yang ada membuat bronjong pemecah ombak dengan anggaran desa dan gotong royong warga.

“ Baru setahun kami berinisiatif menanggul dengan bronjong cincin beton, tapi lihatlah usaha ini seakan sia sia, jebol tak sanggup menahan gelombang” katanya.

Terkait dengan ancaman abrasi Bagus Santoso yang dikenal sangat menaruh perhatian abrasi sejak menjabat di DPRD mengakui prihatin dan terus berupaya menyuarakan dan mengusulkan keberbagai pihak terkait.
“ Sampai kapanpun sesuai kapasitas saya selalu berteriak agar bersama mengatasi ancaman abrasi. Dan harus kita akui tak akan mampu mengatasinya dengan anggaran Daerah” ungkap Bagus Santoso

Dijelaskan Bagus Santoso belum lama ini membincangkan abrasi di Jakarta. Hadir bersama putera putera Riau yang menjabat dan memiliki jaringan di pemerintah pusat. Diantaranya SF Hariyanto (Kementerian PUPR), Abdul Wahid, Achmad (DPR RI), Firman ( Lembaga Siber dan Sandi Negara BSSN) ,mahasiswa serta tokoh tokoh Riau lainnya yang tinggal di Jakarta.

“ Terus terang saya membawa proposal yang diajukan pemerintah Bengkalis kepada Pemerintah Pusat di Jakarta yang diajukan tahun 2019, kita optimis akan di perjuangkan dan insya Allah berhasil” kata Bagus

Dari proposal yang diajukan Bupati Bengkalis ada 8 kegiatan pembangunan pengaman pantai untuk desa yang sudah kritis abrasi di Bengkalis, Bantan, Rupat dan Bukit Batu. (auf)