oleh

Seluruh Pasien Positif Covid 19 di Dumai Sembuh

DUMAI (DUMAIPOSNEES) – Alhamdulillah, seluruh pasien positif Covid 19 di Kota Dumai dinyatakan sembuh. Ini setelah pasien positif covid 19 Kota Dumai berinisial DGA dinyatakan sembuh pada Kamis (04/06/2020).

Kabar baik perkembangan Covid 19 di Kota Dumai itu dikemukakan Juru Bicara (Jubir) penanganan covid-19 Riau, dr Indra Yovi saat konferensi pers, Kamis (4/6/2020) di gedung daerah. “Ada tiga pasien covid-19 yang sembuh pada har ini Tn. SAR (19) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir, Tn. DGA (19) yang merupakan warga Kota Dumai, dan Tn. MRH (20) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan,” urainya.

Ketiga pasien yang sembuh ini, sebut Indra merupakan hasil cluster dari kepulangan santri Magetan (Jawa Timur).

DGA merupakan pasien positif ke – 19 di Kota Dumai. Untuk saat ini, warga Kelurahan Guntung itu merupakan pasien terakhir yang dirawat dan diisolasi di RSUD Kota Dumai. Ia dirawat sejak 24 Mei 2020 lalu.

Dengan sembuhnya DGA, Kota Dumai menyusul enam kabupaten dan kota lain di Riau yang sebelumnya telah selesai merawat hingga sembuh seluruh pasien Covid-19. Enam daerah yang dimaksud
yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), Kampar, Siak dan Rokan Hulu (Rohul).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kota Dumai dr H Syaiful membenarkan telah sembunya pasien terakhir Covid 19 di Kota Dumai. “Tanggal 23 Mei lalu sempat sembuh semua. Sehari kemudian ada tambahan 1 positif. Alhamdulillah saat ini sudah sembuh setelah dua kali swab menyatakan negatif,” terang Syaiful.

Pasien ke 19, terang Syaiful merupakan lanjutan tracking terhadap seluruh santri ponpes Magetan yang pulang ke Dumai. Sejak rapid maupun hasil swab, ia masuk kategori orang tanpa gejala. Namun demikian tetap dirawat dan diisolasi sesuai protokol Covud 19.

“Seluruh klaster sudah habis . Setelah ini mudah-mudahan tidak ada tambahan pasien baru lagi. Hasil rapid test terhdap mereka yang beresiko juga nihil. Semoga ini pertanda baik untuk kota Dumai,” harap Syaiful.

Meski perkembangan penanganan Covid 19 di Kota Dumai menunjukkan trend positif, Syaiful minta warga kota Dumai tetap waspada dengan mematuhi protokol Covid 19. Seperti memakai masker, cuci tangan dan social distancing. (amb)

Editor: Bambang Rio

Berita Terbaru