oleh

Bersama Camat, Danramil Panen Raya Cabai di Lahan Demplot

BASIRA (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Program pembuatan lahan pertanian sistem demplot yang digalakkan oleh TNI, sejauh ini mulai membuahkan hasil. Hal ini terbukti dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh  Danramil 03/Bgs pada Jumat (5/06).

Dimana, bersama dengan Camat Bagan Sinembah Raya (Basira),  Drs HM Yusuf Msi yang didampingi oleh Datuk Penghulu Bagan Sinembah Timur,  Irwana,  Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa bersama staf melaksanakan panen perdana tanaman cabai dilahan demplot.

” Syukur, akhirnya apa yang dikerjakan oleh warga masyarakat dibawah binaan Babinsa membangun lahan pertanian sistem demplot yang ditanami cabai hari ini bisa kita panen, ” ujar Danramil.

Danramil juga menyebutkan,  bahwa lahan demplot pertanian itu terletak Posko Karhutla yang berlokasi di Dusun Kampung Baru Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur Kecamatan Basira.

” Demplot pertanian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat di desa atau kepenghuluan, agar dapat memanfaatkan lahan tanpa bakar, ” terang Mendrofa.

Selain itu, masih kata Danramil lagi demplot ini juga memberikan pemahaman kepada warga bahwa lahan gambut tidak hanya dengan menanam kelapa sawit. ”  Tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk tanaman sayuran seperti cabai yang sangat bernilai ekonomis tinggi,” ungkapnya lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Basira,  Drs HM Yusuf Msi kemarin. Bahkan dirinya menyambut positif dengan adanya lahan pertanian demplot yang digagas oleh TNI.

” Inilah yang dinamakan dengan mengolah lahan tanpa bakar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Artinya, program pemerintah ketahanan pangan yang diterapkan oleh TNI kepada masyarakat memang sangat-sangat bermanfaat,” ujarnya.

Dan kedepan, lanjutnya lagi direncanakan seluruh daerah kepenghuluan yang ada di kecamatan Basira akan mengembangkan pola tanam tersebut. ” Kedepan semua kepenghuluan akan kita minta membuat lahan sistem demplot, sehingga masyarakat tidak hanya terfokus pada satu sektor pertanian kelapa sawit saja,” terang Yusuf. (min)

 

Comments

comments

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru