Termasuk Dumai, 6 Daerah di Riau Diawasi Khusus TNI-Polri

JAKARTA ( DUMAIPOSNEWS.COM ) – Enam daerah di Riau, yakni Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Kampar, masuk dalam 25 kabupaten/kota yang akan diawasi oleh TNI dan Polri secara ketat. Sedangkan empat provinsi yang masuk daftar adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Gorontalo.

Pasukan TNI dan Polri bakal terjun langsung mendisiplinkan masyrakat di 1.800 titik di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota, dalam rangka melaksanakan protokol kesehatan demi menuju kondisi new normal.

Kongkowkuy

“Mulai hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri, pasukan untuk berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB. Akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini,” kata Presiden Jokowi, di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa.

Selasa  ini Presiden Jokowi meninjau Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat dan Mal Summarecon, Bekasi untuk meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana publik dan sarana perniagaan.

“Kami harapkan kurva dari penyebaran corona ini akan makin menurun, kami melihat R0 (Reproduction Number, red) di beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kami harap makin hari makin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan,” kata Jokowi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan itu akan dilaksanakan bertahap.

“Seperti saat ini di tempat lalu lintas masyarakat, stasiun kereta, kemudian tempat niaga dan tempat-tempat untuk mendukung kepentingan masyarakat, seperti apotek, penjualan obat terus kami awasi,” kata Hadi.

Pada tahap pertama, pasukan TNI-Polri rencananya akan mengatur kapasitas tempat-tempat publik tersebut agar hanya diisi setengah pengunjung.

Misalnya mal dengan kapasitas 1.000 orang hanya akan diizinkan untuk 500 orang saja dan diawasi, kemudian tempat makan dari kapasitas 500 orang hanya untuk 200 orang.

“Yang kami laksanakan adalah pertama harus seluruh masyarakat kami awasi supaya tetap memakai masker, kedua dalam berkegiatan harus menjaga jarak aman, kemudian kami sediakan tempat mencuci tangan atau hand sanitizer, mudah-mudahan dengan kegiatan ini tahap pertama bisa berjalan dengan baik,” kata Hadi.

Daftar provinsi, kabupaten dan kota yang akan dijaga khusus oleh pasukan TNI/Polri:

Provinsi:
1. DKI Jakarta
2. Jawa Barat
3. Sumatera Barat
4. Gorontalo.

Kabupaten/Kota
1. Kota Pekanbaru
2. Kota Dumai
3. Kabupaten Kampar
4. Kabupaten Pelalawan
5. Kabupaten Siak
6. Kabupaten Bengkalis
7. Kota Palembang
8. Kota Prabumulih
9. Kota Tangerang
10. Kota Tangerang Selatan
11. Kabupaten Tangerang
12. Kota Tegal
13. Kota Surabaya
14. Kota Malang
15. Kota Batu
16. Kabupaten Sidoarjo
17. Kabupaten Gresik
18. Kabupaten Malang
19. Kota Palangka Raya
20. Kota Tarakan
21. Kota Banjarmasin
22. Kota Banjar Baru
23. Kabupaten Banjar
24. Kabupaten Barito Kuala
25. Kabupaten Buol

Sumber: Antara/JPNN / Riaupos.co