Shalat Idul Fitri di sejumlah Mesjid Dipadati Jemaah

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah pada Minggu (24/5) di Kota Dumai berlangsung khidmat, masyarakat tetap memadati mesjid-mesjid yang ada di Kota Dumaik.

Di mesjid Al Ikhsan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur misalnya, jamaah sangat antusias mengikuti shalat Ied sehingga sebagian mereka terpaksa melaksanakan shalat di halaman masjid karena kapasitas masjid tidak cukup menampung seluruh jamaah yang hadir pada pagi hari raya itu.

Kongkowkuy

Ketua Pengurus Mesjid Al-Ikhsan, Khairudin Adnan melalui pengurus Hamdan Lubis mengucapkan puji syukur karena para umat Islam dapat kembali menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa dan tetap melaksanakan shalat Idul Fitri dengan tertib dan lancar. Dikatakan pelaksanaan Shalat Ied di Masjid Al Ikhsan Simpang Perwira Bagan Besar mengikuti anjuran pemerintah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemik Covid 19.

Pelaksanaan Shalat Ied dipimpin oleh Ustad Khusnul Hadi. Dalam khutbahnya Ustad Khusnul Hadi mengingatkan “Manusia adalah makhluk yang lemah, maka tidak pantas makhluk yang lemah itu bermegah-megahan dan sombong di hadapan penguasa langit dan bumi”

“Namun fenomena dan realita yang ada masih banyak manusia itu yang lupa hakikat dan jati dirinya, sehingga membuat dia sombong dan angkuh untuk menerima kebenaran, merendahkan orang lain, serta memandang dirinya sempurna segala-galanya.” ungkapnya.

Lebaran tahun ini terasa sedikit berbeda bagi umat Islam yang ada di Kota Dumai, karena adanya virus corona membuat mereka tak bisa shalat Idul Fitri yang biasanya dipusatkan di lapangan. Pantauan di sejumlah tempat tetap melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid dengan mengikuti protokol kesehatan yang disarankan Pemerintah.

Sementara itu, di Masjid Al Abrar Perumahan Fajar Indah Permai II, Kelurahan Tanjung Palas warga terlihat memenuhi mesjid hingga ke teras dan tenda yang dipasang oleh panitia.

” Alhamdulillah, dalam kondisi seperti ini kita masih beri kesehatan dan dapat melaksanakan sholat Idul Fitri,”kata seorang warga. Walau dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jamaah diwajibkan menggunakan masker, membawa sajadah sendiri dan mencuci tangan sebelum masuk kedalam masjid. (mad)

Editor : Bambang Rio