Dua Warga Dumai Positif Covid-19, 1 Pasien Klaster Magetan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)- Jumlah positif Covid – 19 berdasarkan hasil swab bertambah 2 orang di Kota Dumai. Tercatat hingga Senin (18/5) total positif Covid-19 berdasarkan swab berjumlah 18 orang. Adapun kedua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini salah satunya merupakan klaster dari Pesantren Magetan.

Juru bicara Syaiful mengaku, ?bahwa tim gugus tugas Covid-19 Kota Dumai, telah menerima laporan hasil pemeriksaan swab PCR, pasien pada Senin (18/5) ditemukan lagi 2 orang dengan hasil positif.

Kongkowkuy

Menurutnya, dengan penambahan 2 kasus terkonfirmasi positif ini, total kasus positif Covid-19 di Kota Dumai, menjadi 18 orang dan pasien positif di dumai rata-rata masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Penambahan kasus ini sesuai dengan hasil rapid test yang dilaksanakan sebelumnya terhadap yang bersangkutan yang hasilnya positif,” terangnya. Diakuinya, 2 orang yang positif baru ini, berinisial AA (15) merupakan orang tanpa gejala dan merupakan pasien 17, dan merupakan klaster dari Magetan atau santri Magetan.

Sedangkan pasien ke 18, berinisial AP (33), pasien ini merupakan orang dekat atau Istri dari pasien 16 (SO) yang merupakan honorer di pemerintah kota Dumai ?dan kondisinya sehat tanpa gejala.

“Kondisi pasien 17 dan 18 saat ini bisa dikatakan sehat atau tanpa gejala. ke dua pasien baru ini sudah dilakukan diisolasi sesuai protap, memang tidak ada gejala,” imbuhnya. Ia mengaku, untuk pasien 17 tracking kontak sudah dilakukan kepada orang terdekat, dan keluarga terdekat korban dan hasil rapid tes hasilnya negatif, termasuk dengan pasien 18.

“Meskipun begitu tracking kontak akan terus kita lakukan, untuk memutus mata rantai penyebaraan, terutama klaster Magetan yang saat ini terus kita lakukan traking kontaknya,” imbuhnya, Senin Sore.

Syaiful mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan menjalankan himbauan dari pemerintah, karena saat ini para pasien positif baru didominasi OTG. Dirinya juga meminta kepada para satri magetan untuk melapor kepada tim gugus tugas untuk dilakukan swab, karena hingga saat ini baru 10 orang yang sudah dilakukan swab test, 1 diataranya sudah positif Covid-19, sedangkan 9 orang masih menunggu hasil swab.

“Kami terus melakukan tracking terhadap orang-orang dekat para pasien untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di kota Dumai, untuk kondisi mereka yang positif dalam keadaan baik-baik,” imbuhnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat Dumai, untuk tidak keluar rumah, dan menjauhi keramaian, karena tidak ada yang tahu apakah orang tersebut terinfeksi covid-19 atau tidak, karena ada OTG. “Saya berharap betul dan kesadaran masyarakat untuk tidak keluar Rumah jika tidak mendesak,” pungkasnya.(ras/wan/amb)

Editor : Bambang Rio