oleh

TERBARU: Satu PDP Positif Covid – 19 Dirawat di RSUD Dumai

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah dirawat di RSUD Dumai dinyatakan positif terinfeksi Covid – 19. Kepastian itu didapat setelah dilakulan Rapid Test terhadap 11 PDP yang dirawat di dua rumah sakit di Dumai pada Rabu (1/04/2020)

“Hasil rapid test menunjukkan 1 PDP dinyatakan positif. Namun hasil rapid test itu utuk tes tahap awal. Kepastiannya tetap menunggu hasil swab dan VCR,” ujar Sektetaris Dinas Kesehatan Kota Dumai dr. Syaiful ketika dikonfirmasi, Kamis (2/04/2020)

Namun ketika disinggung bahwa hasil swab BTKL Litbangkes sudah keluar tanggal 1 april 2020 sudah keluar, Syaiful mengatakan belum menerima laporannya. “Kitas sedang menunggu laporan hasil labor. Nanti sore baru bisa kita umumkan secara resmi,” lanjut Syaiful.

Tentang siapa PDP yang dinyatakan positif, Syaiful memastikan bukan warga Kota Dumai. Pasien tersebut tengah berkunjung ke Kota Dumai ke rumah keluarganya. Dan saat di Dumai mengalami gejala mirip terinfeksi Covid – 19. Lantas di Rawat di RSUD Dumai.

“Saat ini terhadap pasien tersebut kita tingkatkan perawatannya. Penanganannya lebih khusus sesuai ketentuan protokol perawatan positif Covid – 19,” kata Syaiful.

Atas ditemukannya kasus positif berdasarkan hasil rapid test ini, keluarga yang pernah dikunjungi pasien positif tersebut langsung ditetapkan sebagai Orang Dalam Pengawasan. Sementara tracking akan ditingkatkan dan rumahnya akan disemprot disinfektan.

“Kepada masyarakat Dumai kita minta untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi himbauan pemerintah soal penanganan wabah Covid – 19 ini,” imbaunya. (ras)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Berita Terbaru