Siaga Covid-19, Pertamina Dumai Semprot Disinfektan di 69 Lokasi

 

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Upaya menghindari penyebaran Virus-Covid 19. Sejalan dengan status siaga Kota Dumai yang dideklarasikan pada 19 Maret lalu langsung oleh Walikota Dumai, Pertamina lakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik di area perkantoran serta kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai.

Kongkowkuy

Selain itu, penyemprotan disinfektan juga dijalankan di Bandara Pinang Kampai Dumai yang merupakan aset milik Pertamina yang kini digunakan untuk melayani penerbangan komersial bagi warga Dumai dan sekitarnya maupun para pendatang.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU II Brasto Galih Nugroho menyatakan kegiatan penyemprotan disinfektan ini secara bertahap mulai dilaksanakan sejak 18 Maret 2020 dan akan terus dilaksanakan hingga kondisi membaik. Hingga 23 Maret, setidaknya tercatat sebanyak 69 lokasi telah dilaksanakan penyemprotan disinfektan, dan beberapa di antaranya merupakan lokasi yang juga menjadi area kegiatan masyarakat.

“Langkah ini kami jalankan menyusul program-program yang telah dilakukan sebelumnya seperti sosialisasi mengenai Covid-19, pengecekan suhu tubuh di berbagai titik keluar masuk orang hingga pemberlakukan kerja dari rumah atau work from home. Penyemprotan disinfektan ini akan dijalankan secara berkala sembari menunggu keadaan membaik”, jelas Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan penyemprotan disinfektan ini tidak hanya dilakukan di area perkantoran dan kilang Pertamina RU II saja namun juga di beberapa titik lokasi di Komplek Pertamina Bukit Datuk seperti Masjid Al-Muhajirin, Kolam Pancing Patrapala, Balai Pertemuan Sasana Mitra (BPSM) maupun Kawasan Danau Telaga Tirta.

Sebagai lokasi yang menjadi aset Pertamina, Bandara Pinang Kampai pun tak luput dari program penyemprotan disinfektan mengingat lokasi ini menjadi salah satu gerbang keluar masuknya masyarakat Kota Dumai yang menggunakan penerbangan komersial dari lokasi lain.

“Penyemprotan disinfektan ini kami lakukan menyisir seluruh bagian bangunan meliputi dinding, lantai termasuk area toilet yang memang rawan kondisi kotor. Khusus untuk Bandara Pinang Kampai, kami juga turunkan tim medis yang standby untuk melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer elektronik”, tambah Brasto.

Terkait dengan himbauan social distancing atau jarak interaksi sosial antar individu Brasto kembali menghimbau agar masyarakat dapat mengurangi aktivias di luar rumah apabila tidak ada hal yang mendesak. Sejalan dengan hal tersebut, pihaknya telah menambah beberapa spanduk informasi dan himbauan untuk mendukung hal tersebut, termasuk pemberlakukan penutupan sementara beberapa lokasi di Komplek Perumahan Bukit Datuk yang selama ini kerap menjadi pusat keramaian seperti Danau Telaga Tirta dan Kolam Renang Sasana Tirta.

“Kami memasang banyak spanduk maupun x-banner di beberapa tempat yang berisikan himbauan tentang Covid-19. Selain itu kami juga aktif sampaikan himbauan di sosial media @pertamina dan @pertaminaru2 untuk para followers kami,” tutup Brasto.(rls)

Editor : Bambang Rio