Masih Diisolasi, Kondisi Pasien Suspek Corona Membaik

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Kondisi pasien Suspek Corona yang dirawat di RSUD Dumai terus membaik. Pemerintah Kota Dumai masih menunggu hasil sampel atau uji laboratorium yang dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang kini sudah sampai ke Kementrian Kesehatan RI.

“Apapun hasilnya nanti akan disampaikan ke publik, kalau hasilnya positif maka yang akan mengumumkan dari Kementrian Kesehatan. Jika hasilnya negatif akan disampaikan juga agar masyarakat Dumai tak resah dengan kasus virus corona ini,”kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai H Syaiful, Senin (9/03).

Kongkowkuy

Namun demikian, kondisi pasien suspek Corona yang dirawat di RSUD Dumai hingga saat ini semakin membaik. Bahkan pasien sudah bisa dijenguk oleh pihak keluarga dengan mengacu pada SOP diruangan isolasi,”kata Syaiful.

Berapa lama hasil sampel bisa diketahui? Syaiful menambahkan setakat ini belum ada jawaban kearah situ. “Penderita virus corona di Indonesia sebanyak 6 orang, oleh karena itu dia mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan selalu cuci tangan dalam setiap melakukan aktivitas agar virus tak mudah menempel ke tubuh melalui mulut, hidung dan mata,”katanya lagi.

Apakah ciri ciri korban suspek virus corona yang dirawat di RSUD Dumai mirip penderita corona, Syaiful menambahkan tak semua yang kena virus corona dalam kondisi sakit atau demam tinggi. Tetapi ada juga yang tak demam namun hasil sampel dia menderita virus corona.

Sebelum hasil sampel keluar, maka pasien virus corona yang dirawat di RSUD Dumai akan terus menjalani perawatan intensif.

Walikota Dumai H Zulkifli As mengungkapkan terkait virus corona pengawasan di perketat di pintu masuk pelabuhan baik kapal maupun penumpang. Terutama. Sekali kapal kapal yang memiliki riwayat pernah singgah pada negara terpapar virus Corona.

Terkait koordinasi Pemko Dumai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melakukan pengawasan kedatangan kapal dan penumpang, wako menambahkan mereka (KKP, red) sudah berbuat sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Terkait adanya warga Dumai yang suspek virus corona, wako mengingatkan warga jangan panik. Tetapi selalu menjaga kesehatan agar selalu fit dan senantiasa hidup sehat dengan memperbanyak cuci tangan menggunakan sabun. Menjaga kesehatan lebih penting daripada harus memakai masker. Dinas kesehatan akan selalu mengawasi perkembangan pasien suspek virus Corona.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya pasien berjenis kelamin laki-laki itu diketahui pada 26 Januari 2020 pasien melakukan kegiatan bongkar muat di kapal asing Hongkong dan 12 Februari 2020 pasien juga melakukan bongkar muat di kapal Filipina.

Dimana kapal Filipina itu pernah singgah di Singapura.

Pada 17 Februari 2020, pasien kembali melakukan bongkar muat kapal Rusia yang juga kapal tersebut pernah ke Singapura. Sebagaimana Singapura dan Hongkong merupakan negara terjangkit virus corona.

Dilanjutkanya, mulai 20 Februari 2020 pasien mulai mengeluhkan demam tinggi dan berobat di klinik swasta di Kota Dumai.

Karena demamnya tak kunjung hilang pasien itu kembali berobat di Puskesmas Jaya Mukti pada 26 Februari 2020. Saat menjalani perawatan di Puskesmas Jaya Mukti pasien ini menceritakan bahwa dirinya berkontak langsung dengan kru kapal asing.(wan)