Berjibaku dengan Karhutla, Empat Personel BPBD Sakit

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Terpapar asap sisa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat melakukan pemadaman, sebanyak 4 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai harus mendapatkan perawatan.

Bahkan 3 orang personil harus dirawat di RSUD Dumai karena terpapar asap dan kelelahan setelah berhari-hari harus ke lapangan guna memadamkan titik api dan titik panas yang ada di Dumai. Sementara 1 orang personil lainnya masih diistirahatkan dirumah.

Kongkowkuy

“Sampai saat ini 4 personil kita terpaksa diistirahatkan sejenak dari kegiatan pemadaman dan pendinginan kebakaran hutan dan lahan di Dumai setelah mengeluh sakit,” ujar Kalaksa BPBD Dumai Afrilagan, Rabu (4/3) sore.

Sakitnya 4 personil BPBD tersebut selain karena terpapar asap sisa pembakaran saat melakukan upaya pemadaman dan pendinginan api yang membakar lahan di Kota Dumai, mereka juga kelelahan saat berjibaku menaklukan api disejumlah titik kebakaran lahan di Kota Dumai.

“Semenjak akhir bulan Januari hingga akhirnya mereka harus mendapatkan perawatan, personil kita tersebut setiap hari keluar masuk hutan dan lahan yang terbakar dan harus menghadapi asap dan bekerja memadamkan api sampai sore sehingga diperkirakan sangat menguras tenaga hingga mereka tidak sanggup lagi bekerja,” tambahnya.

Sampai saat ini tim BPBD bersama TNI Polri, Manggala Agni, Regdam, Rudal 004 Dumai, Sapol PP Provinsi Riau dan Basarnas Provinsi Riau bersama perusahaan dan masyarakat masih terus melakukan upaya pemadaman dan pendinginan.

Hingga saat ini sudah 68,3 hektar hutan dan lahan Dumai yabg terbakar dengan rincian Kecamatan Sungai Sembilan, luas lahan terbakar kurang lebih seluas 40,5 Ha.

Kecamatan Medang Kampai seluas 15,25 Ha, Kecamatan Dumai Barat 4,75 Ha, Kecamatan Dumai Timur yang tebakar seluas, 3,55 Ha dan di Kecamatan Dumai Selatan seluas 4,25 Ha.(ras)