Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19, Pemkab Pelalawan, Polri Dan TNI Lakukan Penyemprotan Massal Desinfektan

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan sebagai bentuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid- 19 dengan melakukan penyemprotan massal Desinfektan di sejumlah fasilitas umum, jalan protokol, masjid dan pemukiman masyarakat di Kabupaten setempat yang telah menjadi pandemi global ini yang dilaksanakan oleh Pemkab, Polri dan  TNI, perusahaan, ormas dan masyarakat, Selasa (31/3) kemarin. Jelang dilakukan penyemprotan massal Desinfektan, digelar apel persiapan yang dipimpin oleh Bupati Pelalawan HM Harris dihalaman Polres Pelalawan.

Demikian disampaikan oleh Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa penyemprotan Desinfektan ini dilakukan secara massal yang laksanakan oleh 12 Kabupaten dan Kota yang di Propinsi Riau untuk menindaklanjuti intruksi Kapolda Riau. Penyemprotan massal ini tidak saja di Kecamatan Pangkalan Kerinci,kecamatan lain juga melakukannya.

Kongkowkuy

” Ya, penyemprotan ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di kabupaten Pelalawan. Ya hari ini perdana kita lakukan penyemprotan penyemprotan massal Desinfektan di sejumlah fasilitas umum, jalan protokol, masjid dan pemukiman masyarakat.Penyebaran wabah virus corona tersebut harus diantisipasi secara serius, tapi tidak harus panik, “terangnya.

Ketika ditanyakan apakah program penyemprotan massal ini akan berlanjut nantinya, HM Harris juga mengatakan, bahwa untuk masalah kelanjutan, pihaknya hanya fokus ini dulu. Maka dari itu, dengan penyemprotan massal Desinfektan, dirinya berharap virus Covid-19 ini pergi. Selain melakukan penyemprotan, saat ini Pemkab Pelalawan melalui Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi tentang bahaya virus corona kepada masyarakat.

“Untuk itu juga, kita sudah mengintruksikan Camat, Lurah dan Kades serta RW dan RT untuk mendata warga diwilayah apakah ada warga yang baru datang atau domisili baru. Bilamana ada warga yang baru, langsung dibawak ke puskesmas agar dilakukan Pengecekan Kesehatannya.Semoga wabah ini cepat selesai dan hilang dari negeri ini,”ujarnya.

Sementara itu juga, Kapolres Pelalawan AKBP Muhammad Hasyim Risahondua menambahkan, bahwa kegiatan merupakan pembentukan dari Ketua tim gugus tugas, serta kegiatan menurun anggota sebanyak ratusan personil yang tergabung dari Pemkab, Polri, TNI, perusahaan, ormas dan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Dalam penyemprotan ini, pihaknya menghabiskan sebanyak 5 ton Desinfektan.

” Titik-titik penyemprotan massal Desinfektan yakni di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota seperti sepanjang Jalan Lintas Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Jalan Pemda, Jalan Akasia, Jalan Seminai, Jalan BTN Lama, Jalan Desa Kuala Terusan. Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur seperti Jalan Jambu, Jalan Rzmbutan, Jalan Sakura dan kompleks pasar baru serta terakhir di Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat seperti Desa Terusan Baru, perumahan KM 5 dan kompleks Bhakti Praja. Untuk masalah jam malam, kita menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan Propinsi Riau. Sekali lagi kita melarang untuk melakukan aktivitas berkumpul yang bisa menimbulkan penyebaran virus tersebut,”tutupnya. (naz)