Wabup Pelalawan Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2021

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) merupakan tahapan yang penting dalam proses perencanaan daerah sebagai acuan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyusun rancangan rencana kerja (renja) OPD. Untuk menyusun perencanaan pembangunan yang merata diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan agar tepat sasaran dari masukan dan saran masing-masing stakeholder, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan gelar Konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun 2021, Kamis (20/2) hari ini.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM  mengatakan, bahwa pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama antar pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan stakeholder lainnya. Pembangunan dilakukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kondisi sosial ekonomi daerah. Karena upaya pembangunan harus dirancang secara bersama dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi, agar hasil perencanaan kualitas.

Kongkowkuy

” Berkenan dengan hal tersebut, maka kita berupaya mengkoordinasikan penyusunan perencanaan pembangunan yang salah satunya dengan melaksanakan konsultasi publik yang merupakan mata rantai dari tahapan perumusan RKPD menggunakan pendekatan perencanaan bawah dan atas. Pelaksanaan yang dimaksud untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2021,”terangnya.

Zardewan juga mengatakan, bahwa Tahun 2021 merupakan rencana pembangunan tahun kelima dari penjabaran Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2019. Visi Pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021 yakni Inovasi Menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera).  Adapun Tema Pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2021 yaitu “Pemantapan Inovasi Pembangunan untuk mewujudkan Kemandirian Ekonomi dan Masyarakat yang Aman dan Sejahtera”.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi menambahkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pendekatan partisipatif yang bertujuan sebagai sinkronisasi dan integrasi isu strategis yang mnyentuh titik kebutuhan masyarakat Pelalawan dalam pencapaian visi dan misi bupati terpilih dan sekaligus sebagai bahan penyempurnaan prioritas pembangunan serta sasaran pembangunan di Kabupaten Pelalawan kedepan.

” Dengan tema pemantapa  inovasi pembangunan untuk Mewujudkan kemandirian ekonomi dan masyarakat yang aman dan sejahtera, pihaknya berharap nantinya akan mewujudkan pemerataan pembangunan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah kecamatan, meningkatkan kesejahteraan antar wilayah dan pengentasan kemiskinan. Mudah-mudahan dengan tema tersebut dapat dijadikan dorongan dalam pemanfaatan setiap anggaran untuk menyusun rencana program/kegiatan, sehingga benar-benar akan menjadi fokus, terarah, efektif, efisien dan akuntabel,”tutupnya.(Naz)

Editor : Bambang Rio