Tahun Ini, Biaya Haji Tidak Naik

JAKARTA(DUMAIPOSNEWS)-Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) atau biaya haji 2020 tidak mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni, Rp 35.235.602. Sebenarnya ongkos haji 2020 yang harus dibayar jamaah mencapai Rp 69.174.167,97.

Sisa kekurangan biaya tersebut dibayarkan oleh dana efisiensi dan manfaat dari dana haji yang sudah disetor jamaah.

Kongkowkuy

Kabar gembira lainya untuk calon jamaah haji Indonesia. Tahun 2020 ini pemerintahmenyediakan kuota haji khusus untuk jamaah berusia lanjut atau Lansia. Jalur khusus ini dibuka sebagai upaya memotong masa tunggu bagi calon jamaah lansia.

“Pemberian kuota untuk lansia sebesar satu persen dari kuota jamaah reguler. Jumlah kuota jamaah reguler hingga sekarang masih di angka 204 ribu,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Muhajirin Yanis, dalam pesan pendek yang, Rabu (5/2).

Dengan perhitungan tersebut, maka kuota haji khusus lansia tersedia sebanyak 2.040 untuk seluruh Indonesia. Muhajirin mengatakan, jamaah haji dikatakan lansia jika sudah berusia 65 tahun ke atas. Secara umum, total kuota jamaah haji 2020 tersedia sebanyak 221 ribu untuk reguler dan khusus.

Sebelumnya diberitakan, total kuota haji 2020 ada kemungkinan lebih besar. Namun kenaikan kuota haji bergantung sepenuhnya pada keputusan pemerintah Saudi, setelah membagikan seluruh total kuota jamaah haji pada tiap negara.

“Menteri Haji Arab Saudi menyampaikan bahwa terbuka kemungkinan penambahan kuota untuk tahun 2020 ini. Sekarang ini, pihak Arab Saudi telah membagi sesuai dengan negaranya” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

Hal tersebut disampaikan usai pertemuan rombongan DPR RI dengan Menteri Haji dan Umroh Kerajaan Arab Saudi, Muhammad Saleh bin Taher Benten awal pekan ini. DPR berharap kuota haji 2020 bisa meningkat hingga 250 ribu jamaah.

Menteri Haji Arab Saudi sempat menyampaikan apresiasi kepada jamaah haji Indonesia yang tertib, disiplin, dan taat dalam pelaksanaan ibadah. Pemerintah Arab Saudi juga menyatakan akan meningkatkan pelayanan bagi seluruh jamaah haji. Yaitu dengan pembangunan tenda bertingkat di area Mina dan toilet yang lebih banyak di Arafah dan
Mina.

Sumber : detik
Editor : Bambang Rio