Pertamina Peringatan Hari Peduli Sampah, Gotong Royong Gandeng Masyarakat

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekaligus peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2020, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai selenggarakan bersih-bersih lingkungan bersama masyarakat kota Dumai, Sabtu (22/02).

Acara yang melibatkan pekerja Pertamina, masyarakat dari kelurahan di sekitar kilang RU II serta perwakilan pelajar dan mahasiswa ini dihadiri pula oleh Walikota Dumai Zulkifli AS, Pjs. General Manager Pertamina RU II Permono Avianto dan jajaran Forkopimda Kota Dumai.

Kongkowkuy

Ditemui di sela kegiatan, Pjs. GM Pertamina RU II Permono Avianto menyatakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini dilaksanakan sebagai upaya untuk semakin meningkatkan kesadaran insan Pertamina dan juga masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah.

Tidak hanya melibatkan internal Pertamina, pada Peringatan HPSN 2020 bersama Pertamina RU II, pihaknya juga mengundang lebih dari 250 peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat.

“Pada Peringatan HPSN di Pertamina RU II tahun ini kami libatkan berbagai elemen masyarakat di antaranya perwakilan Kelurahan Tanjung Palas, Jaya Mukti dan Teluk Binjai, perwakilan OSIS SMP dan SMA Kota Dumai, serta perwakilan BEM Kota Dumai. Semoga melalui event ini, semangat kepedulian sampah dapat semakin dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat”, ungkap Permono.

Lebih lanjut Permono menjelaskan selain sebagai wujud keterlibatan Pertamina RU II dalam Peringatan HPSN 2020 ini, kegiatan bersih-bersih ini sejatinya menjadi bentuk pelestarian tradisi masyarakat Indonesia yang mungkin telah banyak ditinggalkan yakni gotong royong.

Pada kegiatan ini peserta diajak bergotong royong menyusuri kawasan Jalan Puteri Tujuh untuk bersama-sama mengumpulkan sampah. Hal yang unik dari kegiatan ini, plastik pengumpul sampah yang digunakan merupakan bioplastik berbahan dasar singkong yang dapat diurai mikroba alami dengan cepat.

Ditemui pada kesempatan yang sama Walikota Dumai Zulkifli AS menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina RU II yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Sebagai daerah yang kerap dijuluki sebagai Kota Industri, pihaknya memiliki tugas yang lebih berat dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih nyaman bagi masyarakat Dumai.

Salah satu program yang dilaksanakan adalah pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang khusus menangani persoalan sampah.

“Sampah membawa dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup kita dan sampah rumah tangga menjadi penyumbang terbesar sampah di negara kita. Pemerintah Kota Dumai telah memiliki serangkaian program pengendalian sampah. Namun demikian, persoalan sampah tidak hanya menjadi peran pemerintah dan dibutuhkan sinergi yang baik dengan masyarakat”, jelas Zulkifli.

Selain gotong royong, pada momen ini Pertamina RU II juga berkesempatan memberikan bantuan berupa 1 unit kendaraan pengangkut sampah kepada pemerintah kota Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup.(rls)

Editor : Bambang Rio