Harga Sembako Merangkak Naik, Cabe Merah Tembus Rp56 Ribu

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Harga sejumlah kebutuhan pokok merangkak naik dalam beberapa hari ini seperti cabe merah sudah tembus Rp56 ribu/kg sedangkan bawang merah masih diposisi Rp40 ribu/kg, bawang putih Rp45 ribu/kg, tomat Rp12 ribu/kg disusul harga sembako lainnya.

Kenaikan harga sembako terus terjadi dalam beberapa bulan ini. Alhasil angka penggeluaran masyarakat jadi bertambah. Dan hal ini menjadi keluhan beberapa ibu rumah tangga atau penjual lauk pauk siap saji.

Kongkowkuy

Yeni salah seorang IRT merasa sangat sulit ketika harga sembako naik, karena hampir menyeluruh sembako mengalami kenaikan. Kondisi ini tidak sesuai dengan pendapatan.

Hal senada dikeluhkan Irma salah seorang pedagang masakan lauk pauk siap saji yang merasa kewalahan ketika harga sembako kian naik.

“Harga cabe, bawang dan lainnya terus naik tentu ini berimbas kepada penjual masakan seperti saya.” ucapnya.

“Tidak mungkin bumbu racikan dikurangi nanti rasanya tentu berbeda, dan tidak mungkin harga dinaikkan nanti pelanggan pada lari. Mau tidak mau harga jual tetap normal walaupun untung hanya sedikit,” ujarnya.

Kenaikan harga sembako tidak dinafikan pedagang tradisional yang mengaku dalam sebulan ini beberapa sembako mengalami kenaikan.

“Kenaikan terjadi dari daerah penghasil, sebagai pedagang mau tidak mau kita hanya melakukan penyesuaian harga,” ujar Evi.(dev)

Editor : Bambang Rio