35 Hektar Lahan Terbakar, Terbanyak di Sungai Sembilan

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Sampai 25 Februari 2020 luas lahan terbakar di Dumai mencapai 35,55 hektar. Api tersebar dibeberapa Kecamatan, yang paling parah terjadi di Kecamatan Sungai Sembilan dengan luas lahan terbakar mencalai 21,5 Ha.

Hal itu disampaikan kepala pelaksana BPBD Dumai, Afrilagan, Rabu (26/2). Adapun rincin wilayah terbakar di Kecamatan Sungai Sembilan yaitu Kelurahan Bangsal Aceh 6 Ha, Kelurahan Lubuk Gaung 15 Ha dan di Kelurahan Tanjung Penyebal 0,5 Ha.

Kongkowkuy

“Kebakaran lahan di Kecamatan Medang Kampai 6 Ha dengan rincian, Kelurahan Teluk Makmur 3 Ha dan Kelurahan Guntung 3 Ha,” ujar Afrilagan.

Selain itu, kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Barat lahan yang terbakar seluas 3,25 Ha dengan rincian di Kelurahan Purnama 2 Ha, Kelurahan Bagan Keladi 1,25 Ha. Kecamatan Dumai Timur ada 1,55 Ha dengan rincian di Kelurahan Teluk Binjai 0,25 Ha, Kelurahan Tanjung Palas 1 Ha dan Kelurahan Bukit Batrem 0,3 Ha.

Kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Dumai Selatan seluas 3,25 Ha dengan rincian di Kelurahan Bukit Datuk 1,5 Ha, Kelurahan Bukit Timah 0,75 Ha, Kelurahan Mekar Sari 1 Ha. Data tersebut hasil rekapitulasi dan laporan harian tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kota Dumai.

Guna melakukan pemadaman dan pendinginan, Tim Satgas Karhutla Dumai dengan kekuatan 50 personil terdiri dari BPBD, TNI Polri, RPK Wilmar, Manggala Agni Ops Dumai, Regdam DKPP, MPA Kelurahan dan Kecamatan berupaya keras melakukan pemadaman di Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai.

Ia juga menambahkan, rencana giat Tim satgas Karhutla Dumai, pada Rabu (26/2) yaitu melakukan upaya pemadaman di Kelurahan Teluk Makmur RT 04.

“Laporan yang kami terima api meluas akibat panas dan angin kencang. Untuk memadamkan api tim di perkuat oleh regu pemadam dari BPBD Dumai 2 Regu, TNI Polri, Manggala Agni Ops Dumai, Regdam DKPP dan MPA Kelurahan maupun Kecamatan Teluk Makmur,” terang Lagan.(ras)

Editor : Bambang Rio