150 Perawat Diambil Sumpah Profesi PPNI, Seminar Update Asuhan Keperawatan

DURI (DUMAIPOSNEWS) – Sebanyak 150 perawat mengikuti pengucapan pengangkatan sumpah profesi PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) di Gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau, Ahad (9/2) kemarin. Pengambilan sumpah dipimpin Sekretaris DPW PPNI Provinsi Riau Ns.H. Suhud, S.Kep. Setelah acara pengambilan sumpah, dilanjutkan dengan Seminar Update Asuhan Keperawatan.

“ Sesuai dengan sumpah yang diucapkan kita berharap kepada perawat untuk mengutamakan tugas demi kepentingan kemanusiaan tanpa membeda-bedakan suku, agama, jenis kelamin, golongan aliran politik dan kedudukan sosial. Menjaga dan melindungi profesi perawat dengan cara terus mengembangkan ilmu keperawatan. Menjaga hubungan baik antar sesama perawat dan pihak lainnya. Dan hormatilah guru dan para pembimbin yang telah mengajarkan ilmu keperawatan,’’ ujar Ns.H. Suhud, S.Kep kepada Dumai Pos.

Kongkowkuy

Pada kesempatan itu turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra TH, Ketua DPD PPNI Kabupaten Bengkalis H Ediyanto, S.Km, M.Si, Direktur RS Permata Hati dr. Erfrianti, M.Kes, Ketua DPK PPNI Rs Permata Hati Feri Satria N Siregar, Amd.Kep dan para perawat se-kecamatan Mandau-Bathin Solapan-Pinggir-Talang Muandau.

“ Perawat itu kerjanya dua puluh empat jam melayani masyarakat. Tentu tugas ini akan terasa berat apabila dilakukan tanpa keikhlasan. Janganlah mengeluh saat direpotkan pasien, karena perawat sudah terikat dengan sumpah profesi. Jaga selalu kekompakan antar sama perawat. Tidak boleh minta pindah ketika dapat penugasan jauh dari rumah. Jalani pekerjaan dengan penuh tanggung jawab. Insya Allah, akan bernilai pahala apabila diniatkan sebagai ibadah,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr. Ersan Saputra, TH.

Sementara itu, Ketua DPD PPNI Kabupaten Bengkalis H Ediyanto, S.Km, M.Si memberikan apresiasi yang tinggi kepada RS Permata Hati dan DPK PPNI RS Permata Hati yang telah melaksanakan dan memfasilitasi kegiatan Pengangkatan Sumpah Profesi PPNI ini sehingga berjalan dengan lancar dan sukses. “ Di Duri ada delapan DPK PPNI. Alhamdulillah semuanya kompak antar satu dengan yang lain. Pengambilan sumpah profesi perawat ini sebuah keharusan bagi perawat. Setelah mendapatkan sertifikat, rekan-rekan perawat hendaknya makin bersemangat bekerja dan mendedikasikan kerjanya untuk masyarakat banyak, membantu melayani pasien setiap saat, dengan baik dan ramah,’’ imbuhnya.

Dalam sambutannya, Direktur RS Permata Hati dr Efrianti, M.Kes menyadari ilmu kesehatan dan teknologi terus meningkat, begitupun dengan penyakit pun mulai aneh-aneh yang muncul seperti virus corona. Berbagai penyakit baru ini pada masa belajar di sekolah belum pernah tau bahkan diajarkan. “ Ini menjadi tantangan bagi perawat untuk terus mengembangkan ilmu kesehatan. Manfaatkanlah setiap kegiatan seperti seminar untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan penyakit. Dengan demikian perawat akan semakin matang dan mampu mengikuti perkembangan berkaitan dengan dunia kesehatan,’’ tukasnya.(usa)