Major Emergency Drill, Tanki Crude Pertamina Dumai Tersambar Petir dan Terbakar

DUMAI(DUMAIPOSNEWS )– Tanki TK 945-301 milik Pertamina RU II Dumai tersambar petir hingga menyebabkan kebakaran, para pekerja dievakuasi dan armada pemadam kebakaran Pertamina dikerahkan. Hal tersebut terjadi pada Senin (30/12) dalam skenario Latihan Keadaan Darurat atau Major Emergency Drill.

General Manager Pertamina RU II Dumai, M. Dharmariza mengungkapkan bahwa latihan tersebut dijalankan sebagai upaya penanggulangan keadaan darurat yang bisa terjadi kapan saja.

Kongkowkuy

“Sebagai perusahaan yang menjalankan operasional kilang minyak, Pertamina memiliki tingkat risiko yang tinggi. Untuk itu kami memiliki Tim Penanggulangan Keadaan Darurat yang harus siap kapan pun dibutuhkan,” ungkpanya.

Ia menjelaskan latihan tersebut dijalankan tanpa diketahui oleh internal Pertamina, sehingga pada saat sirine dibunyikan sebagai tanda kedaan darurat diberlakukan, Tim Penanggulangan Keadaan Darurat langsung bertugas sesuai tugas pokok dan fungsi seolah-olah telah terjadi insiden yang sebenarnya.

“Ada yang bertugas sebagai observer untuk menilai setiap fungsi yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Keadaan Darurat. Harapannya dari hasil penilaian tersebut telah menunjukkan kinerja yang baik dan terus dapat menjadi perbaikan ke depannya,” terang Dharmariza.

Manager HSSE Pertamina RU II Dumai, Seno Haryono menjelaskan bahwa latihan seperti ini dilakukan secara berkala dengan berbagai skenario keadaan darurat yang disusun dan disesuaikan menyerupai keadaan sebenarnya.

“Kali ini kami membuat skenario bahwa salah satu tanki di Pertamina tersambar petir hingga menyebabkan kebakaran. Tidak hanya dari aspek teknis, kami juga membuat skenario untuk aspek sosial, yakni adanya aksi unjuk rasa dari masyarakat dan tersebarnya berita hoax,” kata Seno.

Pjs. Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Kevin Gumilang menambahkan pihaknya telah menginformasikan latihan tersebut kepada masyarakat yang utamanya berada di sekitar Kecamatan Dumai Timur.

“Kami telah menginformasikan rencana latihan ini secara resmi kepada masyarakat di sekitar kilang melalui Kecamatan Dumai Timur, Kelurahan Tanjung Palas, Kelurahan Jaya Mukti dan Teluk Binjai. Alhamdulillah masyarakat pun merespon positif, tutup Kevin.(rls/rio)

Editor  : Bambang Rio