Alfedri: Siak akan Miliki 162 Hektar Kebun Ubi Kayu Kasesa

SIAK (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Jika program Badan Amil Zakat Nasional (BAZ Nas) Kabupaten Siak ingin mengembangkan usaha masyarakat dibidang budidaya penanaman ubi kayu Kasesa dua hektar perkampung se Kabupaten Siak terealisasi maka ke depan akan ada 162 hektar kebun ubi kayu Kasesa di wilayah Kabupaten Siak.
Demikian disampaikan Bupati Siak, Drs H Alfedri.MSi saat melaunching penanaman ubi kayu Kasesa di Tesik Seminai Kecamatan Koto Gasib pada Kamis, (30/1) hari ini. Menurut Alfedri, pemkab Siak mendukung penuh upaya BAZNas Siak dan Provinsi Riau ini dengan cara memberikan izin untuk sementara lahan-lahan yang dimiliki Pemda Siak ditanami dengan ubi kayu Kasesa.
“Pemkab Siak memiliki lahan di wilayah Kabupaten Siak ini ada seluas 310 hektar. Yang ditanami hari ini yaitu seluas 10 hektar adalah juga milik pemerintah Kabupaten Siak,” sebut Bupati.
Sebelumnya Wakil Ketua BAZNas Kabupaten Siak, Samfaris Fatatan menyampaikan permohonan maaf Ketua BAZ Nas Siak, Rasyid karena tidak bisa berhadir lantaran sakit, begitu juga Ketua BAZNas Riau.
Dijelaskannya penanaman ubi kayu Kasesa ini program penyaluran dana zakat kepada mustahik sinergi antara BAZNas Kabupaten Siak dan Riau.
“BAZNas Riau menelontorkan penyaluran dana zakatnya untuk program ini sebesar Rp250 juta yang diperuntukan membeli bibit ubi guna dotanam di lahan 10 hektar ini,” jelasnya.
Kita berharap dari 20 orang mustahiq yang akan mengelola budidaya penanaman ubi kasesa ini nantinya bisa menjadi seorang muslim muzakki, bukan lagi mistahiq.
Camat Koto Gasib, Syofyan SSTP juga menyambut baik program penanaman ubi kayu kasesa ini karena selain bisa memperbaiki ekonomi masyarakat sehingga keluar dari garis kemiskinan juga akan bisa memancing masyarakat lain untuk tidak tergantung dengan satu komoditk tanaman seperto sawit.
“Dikecamatan Koto Gasib ini masih ada beberapa hektar lahan lagi yang bisa ditanami diantaranya di TPU Empang Pandan,” sebutnya. (rel)
Editor : Bambang Rio